Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Jul 2019 17:35 WIB

Kemarau dan Cabai Diwaspadai Picu Inflasi

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution siang ini memanggil sejumlah pejabat terkait inflasi. Beberapa pejabat yang hadir di antaranya Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Kepala BPS Suhariyanto hingga Direktur Utama Bulog Budi Waseso.

Ditemui usai High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Pusat, Suhariyanto mengatakan bahwa ini merupakan pertemuan biasa menjelang Rakornas Pengendalian Inflasi 25 Juli mendatang.

"Kita juga mengantisipasi adanya kemarau panjang karena banyak dugaan. Cadangan cukup tapi kita mengantisipasi pada dasarnya oke semua. Cuma kita siapkan rakornas 25 Juli," kata Suhariyanto di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).


Suhariyanto juga mengatakan bahwa distribusi pangan akan diperbaiki agar pasokannya terjamin. Gudang-gudang juga disiapkan untuk menampung komoditas pangan.

"Penyiapan gudang untuk beberapa komoditas yang mudah busuk. Hal-hal seperti itu yang kita antisipasi ke depan. kita persiapkan dengan matang, ini rapat biasa," tuturnya.

Adapun komoditas yang perlu diwaspadai memicu inflasi adalah cabai. Sedangkan tiket pesawat sudah menyumbang deflasi bulan lalu.

"Kalau kita lihat dari kemarin memang itu aja ya, cabai, cabai merah, cabai rawit. Beras kan aman nggak pernah menimbulkan, kemarin tiket pesawat sudah deflasi karena ada penurunan tarif batas," katanya.


Direktur Utama Bulog Budi Waseso ditemui di tempat yang sama mengatakan abhwa pasokan beras saat ini aman untuk menghadapi musim kemarau. Pasokan beras Bulog saat ini sebanyak 1,5 juta ton.

"Untuk sampai Desember sudah aman. Prediksi ke depan masih punya. Kalau 1,5 juta ton berarti aman, jangan sampai khawatir," ujar Buwas.



Tonton Video Buwas: Ada Menteri yang Inginkan Inflasi:

[Gambas:Video 20detik]


Kemarau dan Cabai Diwaspadai Picu Inflasi



Simak Video "Warga Ponorogo Gelar Salat Istisqa, Berharap Hujan Turun di Bumi Reog"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com