Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Jul 2019 14:30 WIB

Dana Pungutan Cukai Kantong Plastik Digunakan untuk Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Masyarakat bakal dibebani cukai kantong plastik demi mengurangi konsumsi barang tersebut yang dianggap berdampak negatif terhadap lingkungan. Dana dari hasil cukai tersebut nantinya akan digunakan untuk membiayai pengelolaan sampah.

Cukai kantong plastik direncanakan sebesar Rp 30.000 per kilogram atau Rp 200 per lembar. Namun pemerintah belum bisa menyebutkan berapa target dana yang terhimpun dari cukai tersebut. Yang jelas pemanfaatannya adalah untuk masyarakat.

"Uang itu juga akan di-recycle lagi, dari pemerintah akan diberikan lagi. Dana-dana itu lah untuk pengelolaan sampah," kata Kabid Kebijakan Kepabeanan dan Cukai Nasrudin Joko Surjono di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (12/7/2019).



Dengan begitu, cukai kantong plastik ini memberikan beberapa manfaat sekaligus. Di satu sisi bisa mengerem konsumsi, di sisi lain dana yang diperoleh bisa dimanfaatkan untuk mendukung kelestarian lingkungan.

"Dia jadi cost effective karena cukai bisa mengendalikan sekaligus pendapatan untuk dikembalikan ke masyarakat untuk kebijakan yang green ini. Ini sebagai tools instrumen pengendalian plastik yang makin besar tiap tahun khususnya kantong plastik," jelasnya.

Berkaitan dengan pemanfaatan dana hasil cukai tersebut nanti akan dibahas lebih lanjut dan didiskusikan di Direktorat Jenderal Anggaran agar bisa dialokasikan untuk kepentingan pengelolaan sampah.

"Masuk ke APBN tapi ketika pengajuan didiskusikan di Direktorat Jenderal Anggaran akan diperhitungkan sebagai pengelolaan limbah sampah dan sebagainya. Tapi mekanismenya masih diajukan ke anggaran untuk penggunaan itu. Jadi mekanisme itu yang diharapkan," tambahnya.



Simak Video "Nah Loh, Harga Kantong Plastik Akan Naik Hingga Rp 5 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com