Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Jul 2019 13:25 WIB

Pantau Banjir, Anies Sekarang Pelototi Pintu Air Depok

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Hanif Hawari Foto: Hanif Hawari
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan caranya dalam memantau tanda-tanda banjir di ibu kota. Jika dulu Pintu Air Katulampa jadi ukuran potensi banjir di Jakarta, sekarang mulai bergeser ke pintu air di Depok.

Hal itu dia sampaikan dalam acara CNBC Indonesia Conference membahas Water Security And Sustainability, di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan.

"Dahulu kita hanya fokus di ketinggian air Katulampa. Begitu volume di sana tinggi maka Jakarta siap siaga," kata Anies, Selasa (23/7/2019).

Anies menjelaskan sekarang kawasan permukiman terus berkembang dan semakin padat, khususnya di kawasan antara Jakarta dan dataran tinggi. Itu membuat daya serap tanah terhadap air menurun.


Dengan begitu air langsung mengalir ke sungai. Otomatis volume air di sungai meningkat ketika terjadi hujan. Kondisi tersebut pun terjadi di Depok sehingga pintu air di sana menjadi ukuran baru bagi Jakarta untuk mengantisipasi banjir.

"Jadi dahulu kita mengukur hanya di ujung untuk antisipasi, sekarang antara Bogor dan Jakarta pun harus kita antisipasi. Jadi Depok, pintu air Depok itu sekarang jadi ukuran baru, menggambarkan bahwa volume air ke Jakarta makin hari jumlahnya makin meningkat," jelasnya.

Tak sampai di situ, Anies mengatakan tantangan lainnya adalah Jakarta memiliki banyak sungai. Ada 13 sungai yang mengaliri air di Jakarta. Untuk itu permasalahan air di Jakarta ini perlu melibatkan banyak pihak.

"Di antara semua kota di Pulau Jawa, Jakarta satu-satunya kota dengan jumlah sungai paling banyak, 13 sungai dan itu sebabnya mengapa kita tidak bicara tentang pengelolaan air, harus terintegrasi dengan kawasan yang lain, tidak hanya bicara Jakarta saja," tambahnya.



Pantau Banjir, Anies Sekarang Pelototi Pintu Air Depok


Simak Video "Gaet Kampus Jerman, Anies Mau Jakarta Ramah Disabilitas"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com