Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Agu 2019 18:24 WIB

Jaga Harga Diri RI, Menhub Usul Kereta Punya Sumber Listrik Sendiri

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Evakuasi penumpang MRT imbas listrik padam (Twitter MRT) Foto: Evakuasi penumpang MRT imbas listrik padam (Twitter MRT)
Jakarta - Insiden padamnya aliran listrik yang terjadi selama belasan jam kemarin melumpuhkan beberapa transportasi massal. Seperti misalnya commuter line dan MRT yang bahkan harus mengevakuasi penumpangnya.

Berdasarkan hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku akan merekomendasikan agar pengelola transportasi massal berbasis kereta itu memiliki cadangan pasokan listrik. Sehingga operasionalnya tidak hanya bergantung dengan PLN.

"Sehingga (pasokan listriknya) double. Mereka sehari-hari di-cover oleh situ, jaringan listrik Jawa-Bali bisa mengcover atau sebaliknya," ujarnya di Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Budi mencontohkan seperti Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki cadangan listrik sendiri. Sehingga ketika terjadi blackout berjam-jam seperti kemarin pelayanan tidak terganggu.


"Untuk MRT saja (konsumsi listrik) sudah 60 megawatt (mw). Nanti kalau sudah sampai tahap kedua bisa 130 mw. MRT layak memiliki pembangkit sendiri. Sehingga tidak tergantung," ujarnya.

Tak hanya MRT dia juga berharap Kereta Commuter Indonesia (KCI) juga memiliki pembangkit listrik sendiri. Begitu juga dengan LRT.

Sebab transportasi umum dianggap sudah menjadi harga diri bangsa. Jika terganggu lantaran pemadaman listrik bisa menjadi pergunjingan banyak pihak.



"Semestinya demikian. Jadi kalau kota-kota besar mestinya demikian. Kota besar seperti Jakarta satu kegiatan yang harga diri bangsa," tambahnya.

Budi memperkirakan total kebutuhan listrik dari seluruh transportasi kereta di ibu kota bisa mencapai 250 mw. Lagi pula, tambah Budi, dengan memiliki pembangkit sendiri pengelola juga bisa mendapatkan pemasukan tambahan.

"Selain itu kegiatan-kegiatan setengah subsidi kalau tidak ada other income bisa mengurangi subsidi juga kan. Jadi ini konsep yang saya sampaikan," tutupnya.

Usulannya itu akan disampaikan kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Simak Video "Polri Ungkap Hasil Investigasi Sementara soal Mati Listrik Massal"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed