Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 13 Agu 2019 16:36 WIB

Pak Jokowi, Yakin Mau Rombak Direksi BUMN Sekarang?

trio - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma-detikFinance Foto: Hendra Kusuma-detikFinance
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno bakal merombak direksi perusahaan pelat merah, khususnya di sektor perbankan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah melarang hal tersebut dilakukan hingga Oktober 2019.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Pieter Abdullah Redjalam menjelaskan, perombakan direksi jelang pergantian periode pemerintahan selanjutnya memang bisa memberi dampak negatif.

"Memang etisnya adalah di masa transisi tidak ada perubahan signifikan karena kekhawatiran membebani menteri yang akan melanjutkan," kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Khawatirnya ketika dilakukan perombakan direksi, namun Menteri BUMN yang memimpin di periode kedua berbeda, bisa saja visi-misi direksi perusahaan pelat merah tak sejalan dengan menteri barunya. Itu dinilai bakal merepotkan.

"Begitu menterinya masuk, nggak sesuai pemikiran dia akan sulit," sebutnya.

Atas dasar itu, di sisa waktu yang cuma tinggal 2 bulan di periode pertama Jokowi, Piter mempertanyakan apa alasan yang mendesak Kementerian BUMN untuk merombak direksi BUMN.

"Kondisi saat ini bukan waktu yang tepat. Pergantian menteri 2 bulan lagi, apa alasan yang sangat mendesak untuk ganti direksi BUMN saat ini. Jadi jangan merusak tatanan. Tata kelola jangan dirusak," tambahnya.


Dapat diketahui, lima BUMN itu yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Bank Mandiri akan menggelar RUPSLB pada 28 Agustus di Menara Mandiri dan BTN pada 28 Agustus di Gedung Menara BTN.

Sehari berikutnya giliran PGN yang menggelar RUPSLB pada 30 September di Four Seasons Hotel, dan BNI pada 30 Agustus di Menara BNI.

Terakhir, ada BRI yang akan menyelenggarakan RUPSLB pada 2 September dengan lokasi yang belum ditentukan.



Simak Video "Eks Dirut BRI Tolak Dirombak Jadi Bos BTN"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com