Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 22:03 WIB

RI Buka Keran Impor Daging Ayam Brasil Gara-gara Kalah di WTO

Vadhia Lidyana - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Erliana Riady Ilustrasi/Foto: Erliana Riady
Tangerang - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pasrah soal impor daging ayam dari Brasil. Ia mengungkapkan, sudah tidak ada pilihan lain untuk keluar dari kewajiban tersebut karena Indonesia sudah kalah dari Brasil dalam sidang sengketa di World Trade Organization (WTO).

"Sekarang kalau tidak (impor) bagaimana? Ya kita sudah kalah di pengadilan, di WTO. Kita kalah itulah namanya dispute settlement, DS48 itu," ujar Enggartiasto usai meresmikan Indonesia Great Sale, di TangCity Mall, Tangerang, Rabu (14/8/2019).

Meski begitu, Enggartiasto mengatakan masih panjang tahapan yang harus dilalui Brasil untuk mengimpor daging ayamnya ke Indonesia. Brasil harus memperoleh sertifikat halal terlebih dahulu untuk memasukkan daging ayamnya ke Indonesia.

"Itu kan baru izin dulu, baru kita membuka dulu, tidak ada pilihan lain, tidak ada pilihan lain ya. Untuk itu masih panjang urusannya, dia (Brasil) harus dapat dulu sertifikat halal, halal tidak itu (daging ayamnya), masih panjang," terang pria yang biasa dipanggil Enggar itu.


Enggar mengungkapkan, kalahnya Indonesia ini karena Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) dan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) melanggar WTO. Untuk itu, pihaknya dan Kementan harus mengubah peraturannya yang mengizinkan Brasil mengimpor daging ayamnya ke Indonesia.

"Kenapa kita kalah dari tahun 2014 prosesnya karena peraturan yang dikeluarkan, Permendag dan permentan itu melanggar WTO itu yang kita sepakati. Untuk itu kita harus ubah peraturannya. Nah peraturan ini sudah kita ubah, Permendag sudah, Permentan baru akan segera disidangkan untuk melakukan itu. Dan kita sudah kalah mau apalagi, harus ubah," kata Enggar.


Sebagai informasi, Indonesia pernah digugat oleh Brasil perihal penolakan impor daging ayam. Brasil membawa permasalahan ini ke WTO pada 2014 lalu dan diputuskan memenangi gugatan pada 2017. Namun, karena Brasil menilai Indonesia masih belum juga membuka keran impor ayam untuk Brasil, mereka kembali menyeret masalah ini ke WTO Juni lalu.

Brasil membuka panel untuk menyelidiki kebijakan Indonesia mengenai impor unggas dari negaranya. Sebelumnya, daging ayam asal Brasil tidak bisa masuk Indonesia karena tidak memiliki sertifikasi sanitasi internasional serta sertifikat halal.I Harus Impor Daging Ayam Brasil




Simak Video "Hakim Tolak Praperadilan Elviyanto, Tersangka Suap Impor Bawang Putih!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com