Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Sep 2019 18:00 WIB

CT Ajak Milenial Rintis Bisnis Sejak Mahasiswa

Muhammad Nur Abdurrahman - detikFinance
Founder and Chairman CT Corp, Chairul Tanjung/Foto: Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom Founder and Chairman CT Corp, Chairul Tanjung/Foto: Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom
Makassar - Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengajak milenial mengubah pola pikirnya. Pria yang beken disapa CT ini menyarankan para mahasiswa menjadi pengusaha, tanpa harus menunggu lulus kuliah.

"Saya merintis usaha sejak masih mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI, saya gagal praktek dokter gigi, mahasiswa FKG yang ada di sini jangan tiru saya, kecuali mau sukses seperti saya. Kalau mau jadi pengusaha harus bisa melihat peluang lalu menangkapnya. Kalau tidak ada peluang kita ciptakan sendiri," ujar CT dalam kuliah umumnya di hadapan sekitar 1.500 mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) di auditorium Al Jibra, Makassar, Senin (9/9/2019).

Menurut CT, kondisi saat ini berbeda dengan eranya saat dirinya mulai merintis usaha puluhan tahun silam. CT menyarankan anak muda yang baru merintis usaha tidak mudah galau ketika menghadapi kegagalan. CT mengakui sebelum dirinya sukses seperti saat ini, ia sudah melewati banyak kegagalan.


CT pun berbagi cerita kesuksesan pengusaha hiburan Walt Disney, yang ditolak sebanyak 302 kali sampai mendapat pembiayaan untuk membangun Disney World.

"Kalau kalian gagal, bangun lagi, sampai kegagalan itu bosan sendiri datang ke kita. Kalau gagal di A, kita coba di B, lalu gagal lagi kita cari solusinya mungkin di C, dari kegagalan A sampai Z, kita harus pelajari dan komitmen tidak diulangi kegagalan itu," tutur CT.

Mantan Menteri Perekonomian era Presiden SBY ini juga menantang mahasiswa UMI yang hadir dalam kuliah umum mengalahkan dirinya 20 tahun ke depan. CT meminta para mahasiswa tidak takut bersaing, apalagi jika tidak memiliki modal.


Finansial menurut CT bukan satu-satunya modal, masih ada modal lain, seperti jejaring dan SDM berkualitas.

"Jadi pengusaha harus bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat orang lain Seperti melihat sampah yang dianggap orang lain kotor, pengusaha akan melihat peluang sampah menjadi listrik atau jadi barang lain. Pengusaha harus bisa membeli masa depan dengan masa sekarang," pungkas CT.

Simak Video "Usai Isi Kuliah Umum di UMI, CT Jadi Sasaran Selfie Mahasiswa"
[Gambas:Video 20detik]
(mna/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com