Banyak Menteri Rangkap Jabatan, Terima Gaji Double?

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 02 Okt 2019 14:20 WIB
Halaman ke 2 dari 2
2.

Gaji Menteri Rangkap Jabatan

Banyak Menteri Rangkap Jabatan, Terima Gaji Double?
Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Menteri negara saat ini memiliki gaji pokok sebesar Rp 5.040.000 per bulan, dengan tunjangan jabatan hingga Rp 13.608.000 per bulan. Angka tersebut belum menghitung tunjangan lainnya maupun dana operasional yang diperoleh menteri.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti menegaskan bahwa tidak ada penghasilan 'double' yang diterima jajaran menteri, meskipun merangkap jabatan.

"Tidak ada tambahan penghasilan, hanya menerima hak sesuai jabatan utamanya," kata Nufransa melalui pesan singkatnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (2/10/2019).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menambahkan, jajaran menteri yang merangkap tugas menjadi pelaksana tugas memang tidak akan menerima fasilitas ganda.

"Plt tidak menerima tunjangan jabatan dari pekerjaan yang dirangkap. Dan jangan khawatir, dari sisi anggaran memang tidak dimungkinkan gaji double. Jadi tidak menerima pendapatan apapun," kata Ridwan.

Berita ini bisa dilihat juga di CNBC Indonesia melalui tautan berikut ini: Banyak Menteri Rangkap Jabatan, Gajinya Double Kah?

(ang/ang)