Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 04 Okt 2019 20:55 WIB

Round-Up 5 Berita Terpopuler

Menhub Blak-blakan soal Ibu Kota Baru, Sri Mulyani Bicara Korupsi

Trio Hamdani, Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
1 Menhub Blak-blakan Transportasi Pintar
Halaman 2 dari 6
Foto: Usman Hadi/detikcom Foto: Usman Hadi/detikcom

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan 70% moda transportasi di ibu kota negara yang baru bersifat massal. Selain yang saat ini sudah dikenal seperti Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), Bus Rapid Transit (BRT), juga akan disiapkan autonomous rail transit (ART).

"Autonomous ini kombinasi antara kereta dan bus yang semuanya digerakkan oleh listrik. Australia, China dan Jerman antara lain yang sudah menggunakannya. Saya akan menugaskan Dirjen Perhubungan Darat untuk melakukan survei sana," kata Budi kepada Tim Blak-blakan.

Untuk diketahui, China telah menggunakan ART yang tanpa kabel listrik dan rel. sejak Juni 2017. Sistem transportasi futuristik ini menggunakan jalur rel virtual dan sudah diujicobakan di jalan raya daerah Zhuzhou di Provinsi Hunan. Alat transportasi massal ini disebut-sebut sangat fleksibel, murah, lebih baik dari tram maupun kereta biasa, ramah lingkungan, tak membutuhkan rel baja, serta kapasitas angkut lebih besar dari bus.

Baca selengkapnya di sini: Tonton Blak-blakan Menhub: Transportasi Pintar di Ibu Kota Baru

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com