Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 14:35 WIB

Jadi Lokasi Penusukan Wiranto, Ini Kondisi Kemiskinan di Pandeglang

Bahtiar Rifa'i, Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Dok. Polres Pandeglang Foto: Dok. Polres Pandeglang
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto diserang pria dengan senjata tajam saat melakukan kunjungan ke Pandeglang, Banten. Selain Wiranto, yang terluka ada juga bawahannya dan Kapolsek Menes Kompol Dariyanto yang menjadi korban.

Jika dilihat dari kacamata ekonomi, Pandeglang, merupakan salah satu kabupaten yang ekonominya masih rendah di Banten. Terlihat juga dari angka kemiskinannya.

Melansir data indikator kemiskinan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pandeglang, Kamis (10/10/2019), jumlah penduduk miskin di wilayah ini pada 2017 tercatat sebanyak 117.310 jiwa. Angka itu setara presentase 9,75% dari jumlah penduduknya.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada 2016, angka itu tercatat naik. Pada 2016 jumlah penduduk miskin di Pandeglang sebanyak 115.900 jiwa atau setara 9,67% dari total penduduk.

Data itu menunjukkan bahwa Pandeglang adalah kabupaten termiskin di Provinsi Banten. Sementara kabupaten termiskin kedua di Banten adalah Kabupaten Lebak.

Sekadar informasi, Wiranto diserang oleh seorang saat keluar dari mobil di Pandeglang. Mabes Polri menyebut kapolsek yang mengawal Wiranto tertusuk.

Mabes Polri menyebut pria yang menusuk Wiranto itu terpapar ISIS. Ada pula seorang perempuan yang diamankan.


Dari data BPS, tingkat pendidikan masyarakat Pandeglang terbilang rendah.

Berdasarkan data persentase penduduk berumur 7-24 tahun pada 2018 masih banyak yang putus sekolah. Di kelompok umur itu tercatat 32,77% sudah putus sekolah.

Sementara di kelompok umur itu ada 0,48% yang belum pernah bersekolah. Ada 40,41% yang masih duduk di SD, kemudian ada 15,6% masih duduk di SMP dan 10,74% duduk di SMA.

Penduduk Kabupaten Pandeglang sendiri pada 2017 tercatat sebanyak 1.205.203 jiwa. Untuk penduduk laki-laki sebanyak 615.297 jiwa dengan sex ratio sebesar 104,30.

Pada tahun 2018 penduduk Kabupaten Pandeglang menurut kelompok umur 10 tahunan didominasi pada kelompok umur muda 10-19 tahun yakni sebesar 18,54 % dengan penyumbang terbanyak kelompok laki-laki sebesar 19,32%.

Lepas dari Wilayah Tertinggal

Kabupaten Pandeglang dan Lebak kini terlepas dari predikat daerah tertinggal. Hal itu ditetapkan berdasarkan keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT).

"Salah satunya Pandeglang, di Banten ada 2 bersama Lebak," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan lepasnya Pandeglang dari status daerah tertinggal memberi semangat baru. Irna berharap Pandeglang bisa sejajar dengan kabupaten lainnya.

"Jadi punya girah (semangat) baru lagi untuk mengantarkan Pandeglang sejajar dengan kabupaten di Banten," ujarnya.

Ada 75 desa kategori tertinggal di Pandeglang pada 2016. Setiap tahun, desa tertinggal tersebut diberi stimulus agar jadi desa berkembang.



Simak Video "2 Kali Besuk Wiranto, Kepala BSSN: Kondisinya Makin Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com