Round-Up 5 Berita Terpopuler

Blak-blakan Wamen ATR Surya Tjandra, Sofyan Basir Divonis Bebas

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 04 Nov 2019 21:00 WIB
Blak-blakan Wamen ATR Surya Tjandra, Sofyan Basir Divonis Bebas
Foto: Screenshoot 20detik

Bertahun-tahun Surya Tjandra dikenal sebagai pengacara publik yang banyak memperjuangkan hak-hak buruh. Toh begitu dia merasa dirinya tetap cocok mengemban tugas sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang, bukan Wakil atau Menteri yang mengurusi ketenagakerjaan. Sebab dia tetap memiliki bekal ilmu hukum yang memadai, juga pengalamannya dalam berinteraksi dengan masyarakat kecil.

Semua itu akan membuatnya lebih mudah dalam memahami dan memetakan persoalan sekaligus membuat alternatif solusinya. Surya mengaku sebagai pribadi yang sensitif sehingga tidak merasa khawatir untuk bertemu masyarakat.

"Sebab yang dibutuhkan (masyarakat) kan sebetulnya pemerintah itu menyapa, mendengarkan (keluh-kesah masyarakat) sehingga mereka percaya bahwa pemerintah ini berbuat yang benar," kata Surya kepada Tim Blak-blakan detikcom.

Saat awal berkiprah di LBH dan menjadi pengacara publik, dia mengaku selalu apriori dan menilai pemerintah selalu salah. Tapi berbagai persoalan yang ditemui di lapangan membuat dia akhirnya paham bahwa dalam kasus tertentu sebetulnya masyarakat juga bisa salah.

Dalam sebuah kebijakan publik, kata Surya, tidak mungkin kebijakan publik akan memuaskan semuanya. Baca selengkapnya di sini: Surya Tjandra, Dulu Bela Buruh Kini Tangani Konflik Agraria