Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Nov 2019 11:23 WIB

Tantangan Pengembangan SDM di Ujung Utara Indonesia

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
1 Pemanfaatan Internet
Halaman 2 dari 2
Pulau Miangas Foto: (Bonauli/detikcom)

Menurut Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Tanimbar Selatan Rudolf Lamers, sejak penggunaan Ubiqu, kegiatan UNBK dan tugas-tugas sekolah yang membutuhkan bantuan internet menjadi lebih lancar.

"Awalnya pada 2018 kami menggunakan Ubiqu untuk kegiatan UNBK. Hasilnya, lebih dari 300 siswa dan siswi SMAN 1 Tanimbar Selatan dapat mengikuti ujian berbasis komputer dengan baik," kata Rudolf.

Tak hanya UNBK, internet satelit Ubiqu juga dimanfaatkan untuk aktivitas siswa lainnya seperti penyelesaian tugas yang membutuhkan bantuan internet serta mencari tahu pelajaran dengan internet.
Ubiqu juga digunakan oleh para guru untuk mengirimkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagai suatu bentuk realisasi pendataan sekolah dengan skala nasional terpadu.

Rudolf menjelaskan, di sekitar Kabupaten Tanimbar, hanya ada beberapa sekolah yang terpasang layanan internet cepat. Karena itu, ketika ingin menghadapi ujian nasional yang saat ini secara serentak menggunakan internet, sekolah-sekolah lain yang tidak memiliki sambungan internet akan menumpang ke SMAN 1 Tanimbar Selatan.

"Di masa sekarang, internet adalah suatu kebutuhan, bukan lagi keperluan tersier yang mungkin tidak terpikirkan jika kita balik ke masa lalu. Di wilayah yang sulit terjangkau oleh jaringan terestrial, tentunya internet yang mudah didapatkan ketika langsung dihadapkan ke langit seperti Ubiqu ini menjadi tawaran menarik buat kami yang merupakan institusi pendidikan," jelas Rudolf.

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com