Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Nov 2019 16:12 WIB

Gaya Erick Thohir Pangkas 7 Deputi Jadi Contoh Perampingan Eselon

Trio Hamdani - detikFinance
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo/Foto: Marlinda/detikcom MenPAN-RB Tjahjo Kumolo/Foto: Marlinda/detikcom
Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo siang ini dipanggil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu yang dibahas adalah rencana perampingan jumlah eselon di instansi pemerintah.

Usai menemui Jokowi, Tjahjo menjelaskan soal rencana perampingan eselon. Menurutnya hal itu jangan dibilang sulit. Dia pun mencontohkan Menteri BUMN Erick Thohir yang bisa memangkas deputi dari 7 menjadi 3 saja.

"Jangan (dibilang) sulit ya. Pada prinsipnya kita ingin merampingkan semua jabatan. Contohnya Pak Erick Thohir memangkas 7 deputi bisa, yang diganti menjadi 3," kata dia di Kompleks Istana, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya perampingan dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing kementerian/lembaga (K/L).

"Jadi perampingan itu saya kira tergantung kebutuhan. Yang penting arahan Presiden, semua kementerian/lembaga itu rentang pengambilan keputusannya itu diperpendek," jelasnya.



Pihaknya sudah mengumpulkan masukan-masukan dan itu akan disimpulkan. Berdasarkan arahan Presiden, kata dia rencana tersebut harus dikerjakan dengan cermat, hati-hati dan tidak merugikan ASN yang ada.

"Tidak akan sampai memangkas penghasilan, itu tidak ya. Hanya istilah saja, sehingga Bapak Presiden menginginkan secepatnya supaya melayani masyarakat nggak usah nunggu harian lah," tambahnya.

Pada berita sebelumnya, Erick Thohir mengungkapkan rencananya memangkas jumlah deputi kementerian menjadi 3 posisi jabatan. Saat ini, Kementerian BUMN memiliki 7 jabatan kedeputian.

Dalam keterangan resmi Kementerian BUMN dijelaskan, saat ini kementerian telah memiliki dua Wakil Menteri BUMN yang memiliki pos pekerjaan masing-masing. Terkait pemangkasan deputi ini kajian (review) akan segera dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penyederhanaan birokrasi.



Simak Video "Siapa Pengganti Dirut Garuda? Ini Jawaban Erick Thohir"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com