Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 14:35 WIB

Jokowi Tak Mau Lagi Ada Sampah Berserakan di Tempat Wisata

Trio Hamdani - detikFinance
Ratas/Foto: Rengga Sancaya Ratas/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan para menteri terkait membereskan kawasan wisata dari sampah-sampah, termasuk plastik yang mencemari lingkungan. Dirinya ingin tak ada lagi sampah yang bertebaran.

Hal itu dia sampaikan saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai pengembangan destinasi prioritas pariwisata di Kantor Presiden, Jakarta.

"Masalah kebersihan tolong dimulai kementerian terkait. Urusan sampah, plastik yang bertebaran di kawasan wisata benar-benar bisa diselesaikan," kata dia di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).


Jokowi menjelaskan yang jadi konsentrasi utama dalam rangka membereskan masalah sampah adalah area wisata di Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba, Manado, dan Borobudur.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga ingin kemasan atau packaging pariwisata dibenahi dan fasilitas-fasilitas yang mendukung ke arah itu perlu diperbaiki.


"Saya kira kita juga harus sentuh masalah kostum, pakaian adatnya, kemudian calendar of event, kemudian yang berkaitan dengan event besar atau annual event-nya. Saya kira ini penting sekali," jelasnya.

Jokowi menambahkan, yang juga perlu dilakukan adalah promosi wisata secara besar-besaran.

Simak Video " Identitas Korban Tewas Bus Terjun ke Sungai di Blitar"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com