Ancam Operator Transportasi Ugal-ugalan, Menhub: Kita Cabut Izinnya!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 17 Des 2019 11:23 WIB
Ancam Operator Transportasi Ugal-ugalan, Menhub: Kita Cabut Izinnya!
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumpulkan para pengusaha atau operator transportasi. Hal ini dilakukan dalam rangka Penganugerahan penghargaan Manajemen Keselamatan Penyelenggara Jasa Angkutan (TSMA).

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan keselamatan merupakan kewajiban bagi para pengusaha transportasi. Dia meminta soal keselamatan transportasi lain harus dikerjakan dengan baik dan detil.

"Manajemen keselamatan adalah hal utuh yang harus dijalani setiap hari bagi kita. State of mind operator adalah safety paling pertama karena kita angkut masyarakat maka harus tanggung jawab. Oleh karenanya saya ingatkan bahwa hal ini selalu dikerjakan dengan baik dan detil," ucap Budi Karya di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (17/12/2019).


Masih di depan para pengusaha, Budi Karya mengatakan bahwa dia juga jengkel dengan operator yang ugal-ugalan, maksudnya lalai dengan aspek keselamatan. Dia meminta agar operator itu dicabut saja izinnya.

Dia sempat mencontohkan, operator yang ugal-ugalan sering tidak memperhatikan umur kendaraan. Sehingga keselamatan penumpang jadi berkurang.

"Saya usul ada reward dan punishment, jadi yang jelek yang ugal-ugalan kita cabut aja izinnya, yang nggak bener tuh banyak. Jadi harus diperhatikan umur kendaraan, mereka yang ugal-ugalan ini harus ditindak," ungkap Budi Karya.

Terakhir, dia menegaskan bahwa keselamatan adalah hal utama milik penumpang maupun operator. "Safety milik semua, dan jadi keharusan untuk kita," sebutnya.



Simak Video "Bangganya Menhub Kala Jajal LRT Jabodebek Karya Anak Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)