Ini Lho Asal-usul Nama Garuda Tauberes yang Bikin Erick Thohir Ngakak

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 18 Des 2019 09:37 WIB
Ini Lho Asal-usul Nama Garuda Tauberes yang Bikin Erick Thohir Ngakak
Jakarta - Cucu usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Garuda Tauberes Indonesia tengah jadi bahan pembicaraan di tengah mencuatnya skandal penyelundupan Harley Davidson. Sebab, nama perusahaan ini dianggap menggelitik.

Bahkan, Menteri Badan Usaha Milik Usaha (BUMN) Erick Thohir yang menyinggung cucu usaha ini sampai dibuat terpingkal-pingkal saat menyebut nama Garuda Tauberes.

Terkait itu, Direktur Teknologi Garuda Tauberes Indonesia, Gisneo Pratala menjelaskan, dari segi nama Garuda Tauberes tak dibuat secara asal-asalan. Dia menerangkan, Tauberes sendiri merupakan singkatan yang menggambarkan bisnis perusahaan.

"Tauberes ini sebenarnya singkatan, T transportation, A airlines, U utilities, B beneficial, E effective, R reliable, E efficient, S itu safe," katanya kepada detikcom, Selasa (17/12/2019).

"Jadi, Tauberes sebenarnya kita memanfaatkan transportasi berdasarkan pesawat supaya membuat orang lebih untung, efektif, efisien, terjaga dan aman," tambahnya.


Dia menambahkan, nama Tauberes juga menyesuaikan dengan pemikiran milenial yang berupaya memberikan nama unik. Hal itu sebagaimana perusahaan rintisan lain seperti halnya Jalan Tikus, Males Banget, dan lainnya.

"Ini sebenarnya namanya aja kita konsep bener-bener mikir banget, karena yang diri'in (mendirikan) milenial kita semangatnya bikin startup, startup kan namanya aneh ada Jalan Tikus, ada Males Banget, ada Gojek, jadi semangat yang diusung itu gimana caranya supaya Tauberes bisa dikenal di masyarakat dengan nama yang unik lah," jelasnya.

Namun, pihaknya seolah tak menepis perusahaan rintisannya juga kena efek negatif karena skandal Harley Davidson.

"Sekarang, jadi viral gara-gara oknum AA, kemarin keseret kasus, terus imbasnya ke Tauberes karena ada evaluasi mendalam ya anak perusahaan Garuda dievaluasi semua, akhirnya kena imbasnya. Padahal sebenarnya ada atau tidak ada AA Tauberes ini akan berjalan, kita nggak ada sangkut paut sama sekali sama kasusnya Garuda. Garuda sama kita, eyang sama cucu jauh," paparnya.



Simak Video "Perusahaan Penerbangan Indonesia Kurangi Jumlah Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)