Round-Up 5 Berita Terpopuler

Besok 1 Januari Harga Rokok Naik, Cara Mafia Bikin RI Impor Minyak

Hendra Kusuma, Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 31 Des 2019 21:00 WIB
Besok 1 Januari Harga Rokok Naik, Cara Mafia Bikin RI Impor Minyak
Ilustrasi migas/Foto: Andhika Akbarayansyah/Tim Infografis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ada oknum yang membuat Indonesia terus membuka keran impor minyak alias mafia migas. Di saat yang sama dirinya juga kesal karena pembangunan kilang minyak mandek bertahun-tahun.

Pengamat Ekonomi Energi dari Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi menjelaskan bahwa cara mafia migas membuat Indonesia tidak bisa lepas dari impor minyak memang dengan menghalangi pembangunan kilang. Itu berdasarkan temuan pihaknya selaku anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas yang pernah dibentuk Jokowi pada 2014-2015 Lalu.

"Misalnya gini, dalam pembangunan kilang misalnya itu ya. Nah ini bagi kami tim itu, itu sangat anomali ya karena bertahun-tahun seperti dikatakan Jokowi juga sudah bertahun-tahun ya tidak bisa dibangun," kata dia saat dihubungi detikcom, Selasa (31/12/2019).

Dia mencontohkan, banyak investor yang bersedia untuk membangun kilang di Indonesia, mulai dari Saudi Aramco, Rosneft Oil Company, hingga Overseas Oil & Gas (OOG). Tapi prosesnya berjalan sangat lambat.

Baca selengkapnya di sini: Begini Cara Mafia Bikin RI Impor Minyak Terus