Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 11 Jan 2020 21:45 WIB

Calon Bos Garuda Harus Berani Bikin Gebrakan Seperti Jonan di KAI

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Nama calon direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sudah dikantongi Menteri BUMN Erick Thohir, termasuk direktur utama (dirut). Jika tak ada perubahan, nama-nama bos Garuda Indonesia diumumkan saat rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) 22 Januari nanti.

Menurut pengamat BUMN, Toto Pranoto, bos Garuda Indonesia yang terpilih nantinya harus mampu melakukan transformasi di Garuda mulai dari perbaikan reputasi, moral kerja, serta perbaikan mendasar pada model bisnis maskapai pelat merah ini.

"Sosok pemimpin Garuda saat ini yang dibutuhkan adalah tipe strong leader yang bisa membawa transformasi Garuda ke arah yang lebih baik," kata Toto kepada detikcom, Jakarta, Sabtu (11/1/2020).


Selain itu, bos Garuda nantinya harus mengarahkan model bisnis pada fleksibilitas pengelolaan penumpang dan logistik, serta mampu mengumpulkan pendapatan lain-lain.

Toto menilai transformasi yang dibutuhkan Garuda harus dilakukan oleh seseorang yang karakternya mirip Ignasius Jonan saat memimpin PT KAI (Persero).

"Dalam konteks ini dibutuhkan tipe pemimpin seperti Jonan di Kereta Api, yang membawa transformasi dengan cukup berhasil. Kuncinya menurut Jonan seorang Leader itu harus memberi contoh, dan tidak memiliki personal vested interest kepada BUMN yang dia pimpin," tutur Toto.

Simak Video "Rasakan Suasana Vintage Bersama Garuda Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com