Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 21 Jan 2020 15:59 WIB

Selain dari Pusat, PNS Kaltim Juga Hijrah ke Ibu Kota Baru

Andhika Prasetia - detikFinance
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo/Foto: Wilda/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan seluruh aparatur sipil negara (ASN) atau PNS pusat akan pindah ke ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim) pada 2024. Hal itu menyusul klaster gedung pemerintah selesai dibangun.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mencatat ada 118.000 ASN yang akan pindah ke IKN. Namun tidak seluruhnya berasal dari pusat karena 16-17 persen di antaranya sudah pensiun di tahun 2023-2024. Sebagai gantinya, slot tersebut akan diisi ASN baru dan ASN dari Kaltim.

"Nah kurangnya bisa diambilkan dari ASN baru dan ambil ASN yang ada di Kaltim. Yang ada, sesuai dengan kompetensinya. Kalau yang eselon I saya kira enggak. tapi yang lain kan harus dicek. Yang usia 45 dalam pengertian masih punya masa kerja kan sampai 60 tahun," kata Tjahjo usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).


Tjahjo berharap para ASN siap dipindahkan ke mana saja, termasuk ke ibu kota baru.

"Harusnya ASN ditugaskan di mana saja harus siap dong. Kaya anda kan jadi reporter di mana juga harus siap. di seluruh wilayah NKRI dia harus siap bertugas. Cuma ini ibu kota baru supaya dia fokus kerjanya perlu dicek tadi," ujarnya.

Kementerian PAN-RB juga sudah menyusun skema pemindahan ASN pusat ke ibu kota negara. Ada dua skenario yang disiapkan, pertama berlaku bagi 182.462 PNS. Angka ini berasal dari asumsi kelembagaan kementerian/lembaga (K/L) dan bisnis proses sama dengan saat ini. Lalu, rekrutmen ASN baru prinsip zero growth.

Skenario kedua yaitu diterapkan kepada 118.513 PNS dengan usia maksimal 45 tahun. Angka ini berasal dari asumsi kelembagaan kementerian/lembaga (K/L) dan bisnis proses beralih menjadi smart goverment, rekrutmen ASN baru prinsip zero growth 5 tahun ke depan.



Selain dari Pusat, PNS Kaltim Juga Hijrah ke Ibu Kota Baru


Simak Video "Dear PNS di Ibu Kota Baru, Pilih Rumah atau Pensiun Dini?"
[Gambas:Video 20detik]
(dkp/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRoofTalk
×
Gaduh Kerajaan Galuh
Gaduh Kerajaan Galuh Selengkapnya