Dari Rp 44 T, Kemenhub Realisasikan Rp 39 T di 2019

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 27 Jan 2020 12:33 WIB
Foto: Menhub Budi Karya Sumadi (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan mencatatkan realisasi anggaran pada tahun lalu sebesar 88,8%.

Adapun tahun lalu, alokasi anggaran untuk Kementerian Perhubungan tercatat sebesar Rp 44,3 triliun dengan realisasi anggaran sebesar Rp 39,4 triliun.

"Apa yang kita capai di 2019 yaitu dari anggaran Rp 44,3 triliun, terealisir Rp 39,4 triliun atau tercapai 88,8% berarti naik 4% dari tahun sebelumnya, oleh karenanya saya ucapkan terima kasih terhadap rekan-rekan semua," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Selain itu, Kemenhub juga mencatatkan capain Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang melebihi target.

"Terima kasih juga saya sampaikan bahwa kita mencatat capaian target PNBP Kementerian Perhubungan mencapai Rp 9,45 triliun atau melebihi target hingga 109,32%," katanya.

Budi Karya menjelaskan, realiasi capaian itu berasal dari 7 unit eselon I di mana yang melampaui target berasal dari empat unit saja yakni Sekretariat Jenderal, Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perhubungan Laut dan BPSDM.

"Namun kita jangan lengah dengan capaian ini, karena memang benar ada kenaikan, kita mampu melampaui beberapa Kementerian lain, bahkan kementerian yang mendapatkan tugas untuk membangun, tetapi saya sendiri belum puas," pungkasnya.



Simak Video "Menhub: Transportasi Bukan Hanya Soal Biaya, tapi Juga Dampak Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)