Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Feb 2020 21:30 WIB

Skema Tarif Baru Penyeberangan Sudah Fix, Tinggal Tunggu Penetapan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Penyebrangan Ketapang Banyuwangi Foto: Ardian Fanani
Jakarta -

Tarif penyeberangan kapal akan segera naik, pembahasan kenaikan tarif yang telah dimulai sejak 2018 akan segera ditetapkan. Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan bahwa tarif yang diusulkan pihaknya sudah disetujui.

Budi menjelaskan kenaikan tarifnya sebesar 10% untuk penyeberangan Merak-Bakauheni, dan 14% untuk Ketapang-Gilimanuk. Sisanya mengikuti skema yang diinginkan Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) naik sebesar 28%.

"Beberapa penyeberangan yang naiknya sesuai dengan keinginan Gapasdap 28%. Tapi untuk yang Merak-Bakauheni 10%. Ketapang-Gilimanuk 14%. Yang lainnya ikutin skema mereka," ungkap Budi di kantor Luhut, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020).

"Saya sudah final tinggal mungkin keputusan dari Menko Maritim," ungkapnya.

Setidaknya ada 20 lintasan yang diminta naik tarifnya oleh Gapasdap yakni Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Tanjung Kelian - Tanjung Api-Api, Lembar-Padangbai, Siwa-Lasusua, Sape-Waikelo, Sape-Labuan Bajo, Balikpapan-Taipa, Balikpapan-Mamuju, dan Bitung-Ternate.

Ada juga, lintasan Bajo'e-Kolaka, Bira-Sikeli, Pagimana-Gorontalo, Bitung-Tobelo, Karimun-Mengkapan, Batam-Kuala Tungkal, Surabaya-Lembar, Batam-Mengkapan, Sape-Waingapu, Mengkapan-Tangjungpinang.

Sementara itu, Ketua Umum Gapasdap Khoiri Soetomo mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima skema tarif yang akan naik. Meskipun belum sesuai dengan ekspektasi pihaknya, dia menyatakan akan menerima skema tersebut.

"Kami nggak ada pilihan lain karena kita butuh kecepatan. Mungkin besaran nggak sesuai dengan harapan yang penting cepat aja," kata Khoiri ditemui di tempat yang sama.

Khoiri mengatakan bahwa kini kondisi angkutan penyeberangan sudah babak belur karena belum naik tarifnya sejak 2017. Pihaknya hanya berharap agar kenaikan tarif cepat ditetapkan, terlebih lagi semua pihak sudah setuju dengan skema tarifnya.

"Hasil rapat kalau untuk angkutan penyeberangan sudah tidak masalah. Kita yang penting segera aja. Karena kondisi lapangan babak belur nih sudah tak ideal, tinggal kami minta lebih cepat aja (penetapannya)," kata Khoiri.

Dia menyebutkan bahwa kemungkinan hari Senin tarif baru sudah bisa berlaku. "Senin besok mungkin bisa direalisasikan, tinggal pak Menteri (teken)," tambahnya.



Simak Video "Kaget Tarif Tol Naik, Menteri PUPR Telepon Kepala BPJT"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com