Empat RS BUMN Standby Terima Pasien Corona

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 18 Mar 2020 15:53 WIB
Gedung Kementerian BUMN
Foto: Hendra Kusuma-detikFinance
Jakarta -

Kementerian BUMN menyatakan empat rumah sakit pelat merah sudah siap menangani pasien corona. Rumah sakit itu tersebar di Jakarta hingga Malang.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut, rumah sakit itu yakni Pertamina Jaya Jakarta, Pelni Jakarta, Lavalette Malang, PHC Surabaya.

"Ada 4 rumah sakit yang bener-bener kami lihat sudah bisa siap menghadapi corona. Pertama Pelni, Lavalette Malang, PHC Surabaya disamping Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta di Jalan Ahmad Yani," katanya dalam pesan singkat, Rabu (18/3/2020).


Arya juga mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan 31 rumah sakit untuk menangani corona. Namun, untuk menangani corona mesti mendapat persetujuan dari pemerintah.

"Nanti ada sekitar 31 rumah sakit yang kami siapkan untuk sebagai rumah sakit rujukan yang kami usulkan kepada pemerintah," ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga menyiapkan satu hotel untuk antisipasi corona. Hotel itu untuk menampung orang dalam pemantauan (ODP)

"Kami juga menyiapkan satu hotel BUMN yang memang dialihkan fungsikan menjadi rumah sakit. Ada sekitar 50-an tempat tidur diperuntukkan save house yang dia ODP, orang dalam pengawasan. Belum PDP, belum corona. ODP khusus artinya orang-orang yang dianggap punya kedekatan pasien corona," paparnya.



Simak Video "BPOM Akan Cabut Izin Darurat Vaksin COVID-19 Jika Terlalu Berisiko"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/hns)