Isi Ulang Uang Elektronik di Tol Bakter Ditutup

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 20 Mar 2020 17:47 WIB
Gerbang Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
Gerbang tol Bakauheni-Terbanggi Besar/Foto: Dok. PT Hutama Karya (Persero)
Jakarta -

Operator Tol Trans Sumatera PT Hutama Karya (Persero) memutuskan untuk menutup sementara fasilitas top-up tunai di seluruh gerbang tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter). Hal ini dilakukan untuk melakukan social distancing dalam rangka menekan pencegahan virus corona.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, Aries Dewantoro mengatakan kebijakan tersebut dilakukan demi mengutamakan kesehatan dan keamanan dari pengguna jalan maupun karyawan yang bertugas.

"Fasilitas top-up tunai di tol Bakter akan kita tutup mulai Sabtu, 21 Maret 2020 besok hingga wabah Covid-19 dinyatakan aman oleh pemerintah," ujar Aries lewat keterangan tertulis, Jumat (20/3/2020).


Lebih lanjut, Aries menyampaikan bahwa selain menutup fasilitas top-up tunai di Tol Bakter, pihaknya juga meniadakan sementara fasilitas mobile reader di tol Akses Tanjung Priok (ATP) di Jakarta. Hal ini juga akan diterapkan di beberapa tol yang dikelola Hutama Karya

"Kalau di tol Bakter fasilitas top-up tunai kita tutup mulai besok, di tol ATP fasilitas mobile reader sudah kita tiadakan sementara sejak kemarin, 19 Maret 2020. Selanjutnya ini akan kita terapkan juga di beberapa ruas tol Hutama Karya lainnya secara bertahap. Informasi lengkapnya akan kami sampaikan kemudian," pungkas Aries.

Aries mengingatkan agar seluruh pengguna tol Bakter memastikan saldo pada uang elektronik cukup saat mau menggunakan tol Bakter.

"Oleh karena itu kami himbau kepada seluruh pengguna tol agar selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan transaksi non tunai di gerbang tol," tutup Aries.


Meski begitu, pengguna jalan tidak perlu khawatir kehabisan saldo uang elektroniknya, karena dapat melakukan cek dan top up saldo dengan mengunakan aplikasi HK Toll Apps.

Sebelumya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) telah menerapkan penutupan fasilitas top-up lebih dahulu. Hal itu dilakukan pada semua gerbang tol se-Jabodetabek yang dikelola perusahaan.



Simak Video "Ngegas Terus, Corona di Dunia Tembus 95 Juta Kasus!"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)