Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 01 Apr 2020 14:40 WIB

Lagi, Orang Terkaya RI Sumbang Rp 30 M untuk Tangani Corona

Vadhia Lidyana - detikFinance
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom) Ilsutrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Prajogo Pangestu, Founder dan Chairman Barito Pacific Group menyalurkan bantuan medis senilai Rp 30 miliar untuk menangani pandemi corona (COVID-19). Bantuan yang diserahkan bertahap itu disalurkan untuk rumah sakit di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Bantuan diperoleh dari dua anak perusahaan Barito Pacific Group yaitu Chandra Asri, Star Energy serta Yayasan Bakti Barito. Menurut Dirut Barito Pacific Agus Salim Pangestu

"Kami turut berempati dan merasa prihatin terhadap mereka yang langsung terkena dampak dari pandemi ini. Hal itu sejalan pula dengan arahan Founder, Barito Pacific Prajogo Pangestu yang ingin turut serta membantu meringankan beban masyarakat dan pemerintah, dalam menangani masalah pandemi Covid 19," ujar Dirut Barito Pacific Agus Salim Pangestu dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (1/4/2020).

Bantuan medis yang diserahkan mencakup 45.000 alat tes COVID-19 yang terdiri dari polymerase chain reaction (PCR) dan rapid test kit. Terdapat juga 120.000 surgical mask dan masker N95, serta 2 unit ventilator (mesin untuk membantu pernapasan). Bantuan lain adalah 60.000 alat pelindung diri, puluhan alat terapi oxygen, ratusan sarung tangan, sepatu boots, dan peralatan lainnya.


Seluruh barang medis ini sudah didistribusikan sejak akhir Maret dan berlanjut hingga sekarang dan waktu waktu mendatang. Bantuan medis tersebut disalurkan Yayasan Bakti Barito, Chandra Asri dan Star Energy.

Rumah Sakit yang akan menerima bantuan ini adalah:
• Di Jakarta: Rumah Sakit Sulianti Saroso, Harapan Kita, Persahabatan, Carolus dan RSCM.
• Banten: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon, RSUD Serang, RSUD Propinsi Banten serta Rumah Sakit Krakatau Medika
• Jawa Barat: RSUD Cibinong Bogor, RS Al Ihsan Bandung, RS Hasan Sadikin Bandung, RSUD Syamsudin Sukabumi, RSUD Slamet Garut

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo ketika dilaporkan tentang sumbangan ini menyampaikan apresiasi karena langkah yang dilakukan Oleh Chandra Asri, Star Energy dinilai sudah tepat sasaran dan sangat bermanfaat dalam kondisi seperti sekarang ini. Doni juga mengajak seluruh elemen masyarakat, baik di akar rumput hingga ke tataran pejabat, pengusaha hendaknya berpartisipasi sekrcil apapun, bersatu padu mendukung seluruh kebijakan pemerintah dalam menangani wabah covid 19.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com