Sri Mulyani Ramal Ekonomi RI Kuartal I Tumbuh 4,6%

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 17 Apr 2020 13:15 WIB
Sri Mulyani
Foto: Instagram @smindrawati
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2020 di kisaran 4,5-4,6%. Ia menilai, pertumbuhan ini masih cukup tinggi meski di bawah 5%.

"Jadi kita lihat growth Q1 masih terlihat cukup baik di atas 4% forecast kami 4,5-4,6%," katanya dalam teleconference, Jumat (!7/4/2020).

Ia menerangkan, pertumbuhan ini masih ditopang oleh investasi, ekspor hingga konsumsi. Lantaran, kegiatan ekonomi masih berjalan dengan baik hingga minggu pertama Maret 2020.

"Ini akibat tadi kegiatan investasi, ekspor masih menunjukkan kegiatan positif Januari-Februari dan bahkan konsumsi extend minggu pertama," ujarnya.

Namun, angka itu bukanlah cerminan untuk kuartal II 2020. Menurutnya, pada kuartal II akan terjadi perubahan yang signifikan karena adanya pembatasan sosial.

Hal itu membuatnya sulit untuk memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini.

"Namun ini tidak mencerminkan tren ke depan. Q2 mungkin akan berubah sangat cepat karena pembatasan sosial, work from home dan lain-lain," ujarnya.

"Nanti akan terlihat pengaruh di kuartal 2. Pertanyaannya adalah apakah kuartal 2 ini adalah puncaknya dan kuartal 3 recover, akan lihat kegiatan ekonomi dan masyarakat pada kuartal 3-4, apakah dia recovery atau stagnasi akibat adanya COVID ini. Ini yang mungkin paling sulit membuat forecast tahun ini," ujarnya.



Simak Video "Gelagat Resesi dari Sri Mulyani"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/eds)