Mudik Dilarang! Pelabuhan Merak Tak Lagi Angkut Penumpang

M Iqbal - detikFinance
Rabu, 29 Apr 2020 17:00 WIB
H-1 Natal 2019 dermaga eksekutif Pelabuhan Merak dipadati mobil pribadi. Antrean kendaraan mencapai pintu masuk dermaga.
Foto: M Iqbal/detikcom
Jakarta -

Pelabuhan Merak di Banten, yang menghubungkan angkutan feri penyeberangan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung tidak lagi melayani angkutan penumpang. Hal ini sesuai dengan aturan larangan mudik.

Kini, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) hanya menjual tiket untuk truk pengangkut barang dan logistik. Penyetopan penjualan tiket tersebut mengacu pada PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Mudik Idul Fitri 1441 H.

"Pada Minggu (26/4) kami juga telah berkoordinasi dengan Kakorlantas Polri bersama jajaran Polda Banten dan telah diputuskan bahwa kapal-kapal angkutan penyeberangan Merak-Bakauheni dilarang mengangkut penumpang pejalan kaki, sepeda motor, kendaraan angkutan orang, baik pribadi maupun umum. Namun, untuk pengecualian bagi mobil angkutan barang/logistik," kata Dirut PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi dalam keterangannya, Rabu (29/4/2020).

Terkait penghentian sementara layanan penumpang dan kendaraan yang mengangkut penumpang, ASDP juga akan mengikuti arahan dari Badan Pengelola Transportasi Darat Wilayah VIII Provinsi Banten untuk menghentikan sementara pelayanan penjualan tiket online untuk penumpang pejalan kaki, kendaraan golongan I, II, III, IVA, VA dan VIA mulai 27 April hingga 31 Mei 2020.

"Kami berharap seluruh pengguna jasa dapat mengikuti aturan Pemerintah untuk tidak melakukan perjalanan mudik pada tahun ini, dan tetap berada di rumah demi menekan penyebaran COVID-19 lebih meluas lagi," ujarnya.

Bagi para pengguna jasa yang telah membeli tiket penyeberangan pada periode 27 April-31 Mei 2020 maka dapat melakukan pengembalian biaya tiket (refund) 100% dengan proses pengembalian maksimal 30 hari. Proses refund dapat dilakukan lewat pengajuan melalui www.ferizy.com atau menghubungi contact center ASDP di 08111-021-191.



Simak Video "Tinjau Arus Mudik Nataru, Wakapolri: Arus Lalin Tol Jakarta-Merak Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)