136 Ribu Orang Menganggur di Aceh, Mayoritas Lulusan Universitas

Agus Setyadi - detikFinance
Selasa, 05 Mei 2020 16:46 WIB
Pengangguran
Ilustrasi pengangguran/Foto: Fuad Hasim
Aceh -

Jumlah pengangguran di Aceh hingga Februari 2020 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat 136 ribu orang. Lulusan universitas masih mendominasi pengangguran di Tanah Rencong sementara lulus Sekolah Dasar (SD) paling sedikit.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, jumlah angkatan kerja pada Februari sebanyak 2,5 juta orang atau mengalami kenaikan 52 ribu orang dibanding tahun lalu. Komponen pembentuk angkatan kerja yaitu penduduk yang bekerja dan pengangguran.

"Pada Februari sebanyak 2,3 juta orang adalah penduduk bekerja dan sebanyak 136 ribu orang menganggur," kata Kepala BPS Aceh Ihsanurijal dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube, Selasa (5/5/2020).

Menurutnya, jumlah penduduk yang bekerja di Aceh bertambah 52 ribu orang dibanding Februari 2019 lalu. Sementara pengangguran tidak mengalami penurunan yang signifikan yaitu masih berkisar 136 ribu orang.

Dari data tersebut, jelasnya, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di perkotaan lebih tinggi dibandingkan di perdesaan. Jumlah warga kota yang menganggur yaitu 8,01 persen dan di desa 4,13 persen.

"TPT terendah sebesar 1,92 persen terdapat pada penduduk berpendidikan SD ke bawah, sementara tertinggi sebesar 8,30 persen pada jenjang pendidikan universitas," jelas Ihsanurijal.

Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2