Indonesia Minim SDM Digital, Pemerintah Sudah Lakukan Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 14 Mei 2020 12:40 WIB
Pandemi Corona Persulit Upaya Jembatani Kesenjangan Digital
Ilustrasi/Foto: DW (News)
Jakarta -

Pemerintah saat ini sedang mendorong transformasi digital di Indonesia. Namun tak sedikit tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai tujuan tersebut karena Indonesia kekurangan sumber daya manusia (SDM) yang andal di bidang tersebut.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital untuk melakukan transformasi digital.

"Kita punya tantangan besar Indonesia saat ini untuk penyediaan talenta digital yang memadai, setidaknya sampai tahun 2030 kita harus mempunyai 9 juta talenta digital. Itu tidak gampang, baik dalam jumlahnya maupun kompetensinya, dan ini dikerjakan secara sungguh-sungguh," kata Johnny dalam acara Kampanye Nasional 'Bangga Buatan Indonesia', Kamis (14/5/2020).

Tantangan lainnya adalah mahalnya investasi untuk menyediakan seluruh pendukung transformasi digital tersebut.


"Indonesia ini memasuki tahap transformasi digital. Kita membangun ekosistem digital, membangun infrastruktur telekomunikasi secara besar-besaran, menghantar masyarakat menuju digital society," kata dia

"Tetapi transformasi digital ini membutuhkan investasi yang sangat besar, pembiayaan yang sangat besar dan pilihan teknologi yang harus tepat sesuai dengan Indonesia, juga membutuhkan inovasi-inovasi dan kreativitas yang hebat," sambungnya.

Di sisi lain, dia menilai operator-operator seluler di Indonesia belum mau menjangkau wilayah-wilayah terpencil karena menyangkut urusan komersial.

Oleh karena itu, pemerintah yang harus langsung turun tangan untuk menyediakan fasilitas-fasilitas digital tersebut.

"Kominfo sudah bangun 7.634 titik lokasi di seluruh Indonesia, internet gratis untuk membantu masyarakat-masyarakat agar bisa memanfaatkan ruang digital itu dengan baik," tambahnya.



Simak Video "Menkominfo Johnny Plate Bicara 5G dan Pemblokiran Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)