50% Karyawan Facebook Bakal WFH Sampai 10 Tahun ke Depan

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 22 Mei 2020 09:47 WIB
Facebook Perangi Berita Palsu Virus Corona
Foto: DW (News)
Jakarta -

Sebanyak 50% karyawan Facebook (FB) kemungkinan akan menerapkan kerja dari rumah (Work From Home/WFH) hingga lima bahkan 10 tahun ke depan.

CEO Mark Zuckerberg mengatakan kerja dari rumah dimungkinkan terjadi oleh perusahaan media sosial terbesar di dunia setelah pandemi Corona (COVID-19).

Zuckerberg menyuarakan gagasan itu untuk memuaskan keinginan karyawan dan sebagai upaya untuk menciptakan kemakmuran ekonomi yang lebih luas. Pernyataan itu muncul kurang dari dua minggu setelah saingannya Twitter mengatakan akan membiarkan beberapa karyawan bekerja dari rumah "selamanya".

"Ketika Anda mempekerjakan orang yang tinggal di kota kecil ke kota besar, itu membuat banyak orang tinggal di lingkungan yang berbeda, memiliki latar belakang berbeda, memiliki perspektif berbeda," kata Zuckerberg dilansir dari CNN, Jumat (22/5/2020).

Zuckerberg berharap dapat meningkatkan perekrutan karyawan melalui jarak jauh dari waktu ke waktu. Perusahaan akan mulai fokus pada perekrutan untuk posisi teknik. Pada awalnya, perekrutan entry-level sebagian besar tidak memenuhi syarat untuk perekrutan jarak jauh.

Secara geografis, Facebook akan mulai dengan area yang dekat dengan kantornya yang sudah ada seperti Portland, San Diego, Philadelphia dan Pittsburgh. Prioritas kedua adalah menciptakan 'hub' karyawan baru di area-area di mana belum banyak kantor Facebook saat ini seperti Atlanta, Dallas, dan Denver.


Facebook juga berupaya mendukung bekerja jarak jauh secara permanen untuk karyawan yang ada. Zuckerberg memperkirakan hanya sekitar 25% dari karyawan Facebook yang akan kembali ngantor saat awal perusahaan kembali dibuka.

Mereka yang memilih untuk terus bekerja dari jarak jauh akan diminta untuk melaporkan lokasi mereka ke perusahaan. Persyaratan itu akan mulai berlaku pada 1 Januari 2021.

"Kami menetapkan tanggal 1 Januari untuk Anda perlu kembali ke tempat Anda berada, atau memberi tahu kami di mana Anda berada. Pada dasarnya kami akan menyesuaikan gaji Anda dari lokasi Anda pada saat itu," ujarnya.



Simak Video "Pandemi Corona, Facebook Gaming Dirilis Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)