Kebijakan Corona Harus Berdasarkan Data, Jangan Dipolitisir!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 22 Mei 2020 23:44 WIB
Poster
Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Pemerintah saat ini menjalankan berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah Corona (COVID-19). Termasuk setahap demi setahap membuka pusat-pusat kegiatan ekonomi.

Menurut Sandiaga Uno kebijakan mengatasi Corona tidak boleh berdasarkan kepentingan politik, melainkan harus berbasis data-data yang tepat.

"Kebijakan soal Corona ini harus diambil dari data-data yang sahih, jangan dipolitisir. Jangan partisan," kata Sandi dalam sebuah webinar, Jumat (22/5/2020).

Sandi menilai urusan politik harus dikesampingkan di masa sulit seperti ini, semua urusan utama adalah kesehatan. Dengan begitu, ekonomi pun akan lebih cepat pulih.

"Menurut saya nggak bisa sekarang politic as usual, ini politik harus step aside. Panglimanya ini harus sektor kesehatannya, tentu ini akan diikuti perbaikan ke sektor ekonomi," jelas Sandiaga.


Sandi juga bicara soal keselarasan yang perlu dipupuk antara pemerintah pusat dan daerah dalam menangani wabah Corona.

"Menurut saya saat ini perlu sinkronisasi dan orkestrasi secara kolosal. Kita butuh satu kerendahan hati para leaders untuk berkoordinasi. Alangkah indahnya kalau pemerintah daerah dan pusat ini satu kata, satu irama, satu orkestrasi," uja Sandi.

Menurut Sandi apabila ada keselarasan yang baik antara pemerintah pusat dan daerah akan menjadi angin sejuk bagi masyarakat.

"Tentunya masing-masing daerah ada kearifannya sendiri, paling tidak ada narasi besar yang sejalan. Hal ini akan jadi angin sejuk buat masyarakat umum," ungkap Sandi.



Simak Video "Sandiaga Uno Beri Bocoran Peluang Bisnis Paling Laku"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)