Cek Mal di Bekasi, Jokowi Minta TNI/Polri Ada di Setiap Keramaian

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 26 Mei 2020 15:11 WIB
Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan ke stasiun MRT. Peninjauan itu dilakukan dalam rangka kesiapan penerapan prosedur new normal di sarana publik.
Presiden Jokowi di Summarecon Mall Bekasi/Foto: Agus Suparto/Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini mengunjungi Summarecon Mall Bekasi. Apakah itu artinya pusat keramaian dan pusat perbelanjaan di Bekasi akan dibuka kembali?

Dalam sambutannya Jokowi sama sekali tidak menyinggung pembukaan kembali mal di Bekasi. Dia mengatakan kedatangannya untuk memastikan persiapan Bekasi untuk bisa menjalankan skema new normal.

"Pada hari ini saya datang ke Bekasi, Jawa Barat untuk memastikan pelaksanaan kesiapan kita dalam menuju ke sebuah tatanan baru. Kita ingin TNI, Polri ada di setiap keramaian untuk lebih disiplinkan masyarakat agar ikuti protokol kesehatan lewat PSBB," tuturnya di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020).

Sama dengan kunjungannya pagi tadi di stasiun MRT, Jokowi menegaskan sarana dan tempat keramaian publik akan dijaga oleh pasukan TNI dan Polri. Tujuannya untuk memastikan disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan.


"Aktivitas masih tetap ada, tapi akan kita disiplinkan lagi agar protokol lebih dijalankan. Jadi TNI, Polri mengawasi pelaksanaan di lapangan. Memastikan di lapangan berkaitan dengan pakai masker, jaga jarak, dan hindarkan orang dari kerumunan atau berdesakan," ujarnya.

Pendisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan itu akan dilakukan juga di wilayah lain. Setidaknya ada 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota yang juga akan dilakukan pendisiplinan oleh TNI dan Polri.

"Ini akan kita lihat dalam 1 minggu dampaknya bagaimana, kemudian akan kita lebarkan ke provinsi, kabupaten, kota lainnya apabila terdapat perbaikan," tuturnya.



Simak Video "Cek Summarecon Bekasi, Jokowi: Kita Ingin Tetap Produktif Tapi Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(das/hns)