Biaya Pendidikan Anak Makin Tinggi, Kapan Harus Disiapkan?

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 04 Jun 2020 09:52 WIB
Ilustrasi uang sekolah
Foto: iStock
Jakarta -

Biaya tahun ajaran baru untuk anak sekolah merupakan kewajiban yang harus dipenuhi para orang tua setiap tahunnya. Sebagai orang tua tentu menginginkan sekolah yang terbaik untuk anak, sedangkan setiap tahunnya biaya sekolah anak semakin tinggi. Bagaimana cara menyiasatinya?

Perencana Keuangan Aidil Akbar Madjid mengatakan para orang tua harus menyiapkan uang sekolah anak dari jauh-jauh hari, bahkan kalau perlu setelah anak itu lahir. Hal itu perlu dilakukan agar para orang tua tidak kebingungan setiap tahunnya apalagi jika anak baru masuk sekolah atau naik tingkat ke SMP, SMA atau Kuliah.

"Biaya pendidikan anak itu semakin mahal jadi harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Kalau kita bicara kelas menengah di Indonesia, begitu punya anak yang pertama kali harus dipikirin adalah biaya kehamilan, biaya persalinan. Begitu anaknya keluar yang harus dipikirin maka dana pendidikan," kata Aidil kepada detikcom, Rabu (3/6/2020).

"Sejak di kandungan sudah dipikirin 'nanti TK-nya mau ke mana ya, SD-nya mau ke mana ya, SMP ke mana, SMA ke mana' itu jauh-jauh hari sudah harus dipikirin," tambahnya.

Ia mengingatkan kepada para orang tua milenial jika memiliki anak tidak semudah yang dibayangkan. Semuanya harus dibutuhkan persiapan yang matang terutama dari segi financial.

"Memiliki anak itu nggak se-simple itu. Harus ngitung biaya persiapan punya anak. Biaya ke dokter, biaya kehamilan, biaya USG, biaya persalinan, sampai biaya pendidikan," imbuhnya.

Jika sudah terlanjur tidak memiliki dana pendidikan, mau tak mau orang tua harus menggunakan dari pendapatan bulanan yang dipotong maupun sumber lain seperti menjual aset.

"Kalau nggak punya dana darurat dia harus jual aset bisa jual perhiasan, bisa jual mobil, bisa jual macam-macam. Kalau uang sekolah pakai cashflow bulanan, potong dari gaji," sebutnya.

Namun jika tidak ada perencanaan dana pendidikan, Aidil bilang, para orang tua berpotensi kesulitan melihat biaya pendidikan yang semakin mahal. Terlebih tidak ada yang tahu kondisi keuangan ke depan akan seperti apa, melihat kondisi pandemi Corona yang datang tiba-tiba.



Simak Video "Zaskia Adya Mecca Sempat Stres Dampingi Anaknya Belajar di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)