Ini Bahayanya Nonton Film di Situs Ilegal Seperti IndoXXI

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Selasa, 16 Jun 2020 11:43 WIB
INDOXXI
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Situs streaming film gratis dan ilegal masih banyak menjamur dan sangat mudah diakses. Padahal, sejak awal tahun lalu, situs streaming ilegal IndoXXI yang cukup besar dan dikenal legendaris telah menghentikan operasionalnya.

Namun, sebetulnya situs-situs ilegal ini juga bisa memberikan dampak negatif. Paling terasa adalah bagi para insan industri film. Sutradara kondang tanah air Joko Anwar pun, sempat buka suara perihal masalah situs ilegal ini.

Dalam cuitan pada akun Twitter pribadinya, Joko Anwar menyentil orang yang masih menonton film melalui situs streaming ilegal. Padahal sudah banyak aplikasi nonton film resmi yang berbayar dengan harga terjangkau, bahkan cuma seharga secangkir kopi.

"Nonton film udah dibikin gampang di streaming resmi. Seharga 1 cangkir kopi bisa untuk ratusan film," tulis Joko Anwar dalam akun Twitternya, @jokoanwar dikutip Selasa (16/6/2020).

Pria yang menggarap 'Pengabdi Setan' ini menyatakan, dengan menonton film di situs ilegal macam IndoXXI hanya akan menyuburkan praktek pembajakan film. Bila dilihat aspek ekonominya, pembajakan ini dapat mempengaruhi kehidupan para sineas dan kru film.

Menonton film di situs ilegal dapat mengurangi jumlah penonton yang membayar, sehingga pemasukan untuk industri film menjadi sedikit. Malah keuntungan justru didapatkan si pembajak film lewat situs ilegal, keuntungan dari traffic situs dan segala macamnya sama sekali tak dirasakan para pembuat filmnya.

"Dampak pembajakan film: secara ekonomi, ketersediaan film di situs bajakan atau toko bajakan mengurangi penonton yg membayar. Keuntungan yang dihasilkan pembajak baik uang langsung atau karena traffic banyak orang yang mengunjungi situsnya, itu larinya bukan ke pembuat film. Tapi ke pembajak," ungkap Joko.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate bahkan tak pernah bosan mengingatkan agar masyarakat tidak menonton film di situs ilegal. Johnny mengingatkan bahwa menonton film di situs online ilegal semacam IndoXXI berdampak negatif.

Menurut catatan detikcom, salah satu dampak negatif itu adalah tersedotnya bandwidth yang telah disediakan para operator seluler. Akibatnya bisa mengganggu kebutuhan bandwidth untuk keperluan yang lebih produktif, terlebih di tengah wabah Corona. Misalnya untuk kebutuhan work from home atau belajar online di rumah.

"Tidak saja ilegal, itu (nonton film di situs ilegal) akan menyedot bandwidth-bandwidth yang akan mengganggu keseluruhan traffic," kata Johnny pada sebuah konferensi pers online akhir Maret lalu.

isi tas

Selanjutnya
Halaman
1 2