Tak Lagi Jadi Menteri, Apa Kerjaan Jonan Sekarang?

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 18 Jun 2020 17:25 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Setelah 2 kali menjadi menteri di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo periode pertama, Ignasius Jonan kini menjadi rakyat biasa. Dia kini memiliki banyak waktu luang untuk dihabiskan.

Jonan mengaku saat ini kegiatan yang dilakukan hanya sebagai motivator, penasihat beberapa perusahaan dan juga menjalankan beberapa bisnis. Mantan Dirut KAI itu juga mengaku masih memiliki banyak waktu luang.

Untuk mengisi waktu, kini Jonan memiliki hobi baru yakni bercocok tanam di rumah atau kegiatan yang sering disebut sebagai urban farming. Jonan memang sering mengunggah foto kegiatan hobi barunya itu di akun instagramnya.

"Setelah saya selesai jadi pejabat publik nah waktunya banyak. Lalu saya mulai adalah kegiatan sebagai motivator, masih sebagai penasihat beberapa perusahaan dan juga beberapa kegiatan bisnis kecil yang menjadi passion saya. Waktunya masih banyak, mau ngurusin anak, anak-anak sudah besar. Nah saya mulai bikin tanaman hidroponik di rumah. Karena rumahnya di Jakarta, jadi ya nggak terlalu besar," ujarnya dalam acara Marketeers Hangout 'Time for Urban Farming', Kamis (18/6/2020).

Ada dua alasan mengapa dia melakukan hobinya itu, pertama dia yakin dengan menanam hidroponik di rumah maka akan membuat udara di sekitar rumahnya menjadi lebih baik. Kedua, tanaman yang dia tanam bisa dia konsumsi sendiri atau bahkan dia bagi ke tetangga sekitar.

"Ya untuk hobi lah. Kalau semua rumah mau menanam ini, apakah digantung di tembok, ini membuat udara di kota makin bersih. Dan juga ketahanan pangan, sayurannya kita nggak harus beli. Tapi ya ini kegiatan mengisi waktu," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kementan Cabut Keputusan soal Ganja Jadi Tanaman Obat"
[Gambas:Video 20detik]