Lockdown Mulai Dilonggarkan, Mal-mal di Kanada Buka Lagi Besok

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 23 Jun 2020 10:30 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Toronto, kota terpadat di Kanada, berencana membuka kembali pusat bisnisnya mulai Rabu besok (24/6/2020). Mal dan restoran di Toronto, akan dapat membuka bisnis mereka sesuai dengan rencana pemerintah.

Perdana Menteri Ontario, Doug Ford mengatakan provinsi Ontario sudah lebih dulu membuka kembali ekonominya secara bertahap sejak awal bulan ini. Hal itu diputuskan setelah Kanada memberlakukan lockdown selama tiga bulan.

Meski begitu, Ford menegaskan bahwa pemerintah akan terus memantau tren kesehatan dan berkonsultasi setiap hari dengan pakar medis provinsi, dan meminta orang untuk tetap waspada.

"(Jika tidak) itu bisa berbahaya dan menyasar kita di bagian belakang sekitar detak jantung," kata Ford dilansir Reuters, Selasa (23/6/2020).

Wali Kota Toronto, John Tory mengatakan pusat kota Toronto adalah rumah bagi beberapa bank dan asuransi terbesar Kanada. Banyak dari mereka telah setuju untuk mengizinkan staf mereka bekerja dari rumah hingga setidaknya September.

Provinsi Kanada memberlakukan lockdown pada bulan Maret untuk menekan penyebaran virus Corona (COVID-19) yang kini telah menewaskan 8.430 orang di Kanada dan menginfeksi 101.337. Toronto mencatat lebih dari 1.000 orang tewas akibat virus mematikan tersebut.

Windsor-Essex, di Ontario barat daya dekat perbatasan Michigan, adalah satu-satunya wilayah kesehatan yang masih dalam fase 1 dari pembukaan kembali tiga fase, di mana virus menimpa pekerja migran di pertanian.

Ford mengatakan provinsi itu mulai mengirim unit pengujian seluler ke pertanian terbesar dan pabrik pengolahan makanan, tetapi petani menyalahkan aturan Windsor-Essex yang tidak melakukan pemeriksaan Corona terlebih dahulu.

"Petani tidak bekerja sama," kata Ford.

Secara terpisah, Perdana Menteri Justin Trudeau mendorong kembali agar maskapai penerbangan membuka perbatasan negara.



Simak Video "Pondok Indah Mall Beroperasi, Toko Pakaian Masih Sepi Pembeli"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)