Info Kuliah dan Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Puti Yasmin - detikFinance
Rabu, 24 Jun 2020 16:41 WIB
Student girl writing in notebook and studying. Casual clothing, scarf and hat.
Foto: Getty Images/Mixmike/Ilustrasi Kuliah Jurusan Manajemen
Jakarta -

Kuliah Jurusan Manajemen menjadi salah satu yang diidamkan para pelajar selepas lulus SMA. Salah satu daya tariknya adalah jenjang karier setelah lulus kuliah.

Nah, bila kamu ingin mengambil kuliah jurusan manajemen tak ada salahnya mengenal seluk beluk tentang jurusan ini. Kuliah jurusan manajemen termasuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Di Indonesia sendiri ada banyak universitas yang menyediakan jurusan Manajemen.

Berikut fakta jurusan Manajemen dikutip dari buku 'Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Manajemen' karya Dini W Tamam:

1. Mata Kuliah

Dalam kuliah jurusan manajemen ada hal-hal yang perlu menjadi keahlian, yakni planning atau perencanaan, organizing pembagian rencana kerja, directing pengarahan dan controlling atau pengendalian.

Kemudian, untuk mengembangkan keahlian itu ada mata kuliah yang harus dipelajari. Pertama adalah pemasaran, mata kuliah ini mengajarkan mengenai strategi pemasaran, pemahaman peran perilaku konsumen, komunikasi dan konsep-konsep dalam pemasaran.

Kemudian, manajemen operasi yang mempelajari mengenai kegiatan produksi, operasi dalam menghasilkan jasa. Lalu, ada manajemen risiko yang membahas mengenai metode pengukuran risiko, hingga properti perusahaan.

Selanjutnya, ada manajemen strategik mengenai analisis perusahaan secara luas dan mendetail, serta ada ekonomi manajerial mengenai teori permintaan dan penawaran, dan mata kuliah kewirausahaan terkait mengembangkan suatu usaha.

Selain mempelajari mata kuliah jurusan manajemen, mahasiswa program studi ini juga diberikan kesempatan untuk memilih mata kuliah pilihan guna melengkapi kuota SKS, lalu mata kuliah bersyarat yang harus diambil secara berurutan.

2. Prospek Karier

Jurusan Manajemen sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Pasalnya, dalam menjalankan sebuah organisasi diperlukan manajemen yang baik demi mencapai visi yang dituju.

Misalnya, organisasi internasional Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) memerlukan seseorang yang mengatur manajemen di dalamnya demi mencapai tujuannya. Selain itu, organisasi nasional, lembaga legislatif, hingga eksekutif.

Tak hanya sebuah organisasi, setiap manusia mengambil andil menjalankan manajemen di dalam hidupnya. Maka dari itu, ilmu manajemen sangat penting untuk dipelajari.

Jadi, kuliah jurusan manajemen kerjanya bisa jadi konsultan bisnis hingga perbankan. Nah, sudah yakin belum kuliah jurusan Manajemen?



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)