Sumut Bakal Punya Lumbung Pangan, Lahan 30.000 Ha Siap Digarap

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 12:55 WIB
Warga Baduy, Banten, punya cara sendiri untuk menjaga ketahanan mereka. Mereka memiliki lumbung padai yang biasa disebut leuwit.
Ilustrasi Lumbung Pangan (Foto: Bahtiar Rivai/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah sedang menyiapkan pembangunan lumbung pangan di sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satu wilayah yang berpotensi menjadi lumbung pangan atau food estate ialah Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ada 30.000 hektare (Ha) lahan di Kabupaten Humbang Hasundutan yang siap digarap jadi lumbung pangan.

"Yang sekarang sudah siap itu 30.000-an Ha," kata Luhut usai menemui Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di kantor Kementan, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Ada 3 komoditas yang jadi prioritas untuk dikembangkan di lumbung pangan tersebut, antara lain bawang merah, bawang putih, dan kentang. Menurut Luhut, lahan di Sumut itu memiliki tingkat kesuburan yang baik.

"Jadi saya pikir akan terjadi nanti misalnya kentang, bawang merah, bawang putih itu kelihatannya bisa sangat subur di sana karena ketinggian 1.400 meter, luasnya beberapa puluh ribu hektare. Jadi akan massive," papar dia.

Buka halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hadapi Corona, Stok Beras RI Selama Ramadhan Lebih dari Cukup"
[Gambas:Video 20detik]