Keren... Perempuan Ini Lunasi Utang Sekolah Rp 1,1 M dengan Menulis

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 24 Jul 2020 13:19 WIB
ilustrasi menabung
Foto: Getty Images/iStockphoto/RomoloTavani
Jakarta -

Perempuan bernama Melanie Lockert asal Los Angles memiliki utang pinjaman pendidikan atau student loan sebesar US$ 81 ribu setara Rp 1,18 miliar (Rp 14.500). Seluruh utang itu berhasil Lockert lunasi selama 9 tahun dari kerja keras bekerja hingga menjadi penulis.

Utang tersebut dia dapati pada saat dia meminjam dana student loan untuk menyelesaikan program sarjana di California State University sebesar US$ 23 ribu (Rp 336 juta). Selanjutnya pinjaman US$ 58 ribu (Rp 848 juta) saat Lockert menyelesaikan pascasajarna di Universitas New York (NYU).

Dalam proses pelunasan tidak semulus yang dibayangkan. Sepanjang waktunya di NYU, Lockert menghabiskan waktu lima tahun untuk melunasi utang student loannya. Namun padai 2011, dia masih memiliki utang sebesar US$ 68 ribu (Rp 955 juta) yang tersisa untuk dilunasi.

Dia menyadari bahwa selama bertahun-tahun dia hanya membayar utang minimum. Student loan ini berbeda dengan kartu kredit yang hanya mendapati bunga ketika digunakan. Sedangkan student loan dikenakan bunga setiap harinya. Lockert menyadari hal itu membuat utangnya menggelembung sampai setelah lulus kuliah

"Ketika saya berusia 17 atau 18 tahun, saya mendaftar untuk pinjaman mahasiswa tanpa mengetahui bagaimana bunganya. Saya berpikir bahwa pinjaman ini, utang yang baik dan proses pelunasannya tidak akan sampai saya lulus. Namun gagasan itu salah besar," kata Lockret, dikutip dari CNBC, Jumat (24/7/2020).

Akhirnya 2011, setelah lulus dari NYU, Lockert pindah dari New York City ke Portland, Oregon. Dia pindah ke rumah yang memiliki harga sewa rendah. Sembari menunggu panggilan kerja, Lockret mengerjakan segala bentuk pekerjaan dari menjual minuman botol, dan event organizer acara ulang tahun.

Setelah mendapatkan pekerjaan tetap, penghasilannya hanya US$ 800 (Rp 11 juta) hingga US$ 1.200 (Rp 17 juta) per bulan itupun dipotong dengan biaaya sewa rumah senilai US$ 400 (Rp 5,8 juta). Namun, tak diduga saat Lockret menuliskan catatan dan cerita utangnya di blog, tulisannya itu berhasil menjadi buku.

Selama satu tahun, dia telah membangun karier menjadi penulis dan berhasil menghasilkan uang sebanyak US$ 31 ribu (Rp 454 juta). Dia akhirnya berhenti dari pekerjaannya dan fokus menjadi penulis. Lockret pun menggandakan penghasilannya menjadi US$ 60 ribu (Rp 880 juta) dalam setahun. Pada Desember 2015, Lockert telah melunasi utang student loannya.

Lockret menegaskan bahwa intinya segala jenis utang, apapun bentuknya harus dipastikan bagaimana mekanisme pinjaman dan bunga yang akan ditanggung. Jika mendapatkan kesulitan coba konsultasikan dengan penyedia layanan pinjaman tersebut.



Simak Video "Utang Luar Negeri Indonesia Tumbuh 4,1% Jadi Rp 6.104 T"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)