Mark Zuckerberg hingga Jeff Bezos Dicecar Habis-habisan di DPR

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 30 Jul 2020 10:11 WIB
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg/Foto: Getty Images
Jakarta -

Bos-bos perusahaan teknologi raksasa Amerika Serikat (AS) 'disidang' oleh Dewan Perwakilan AS. Mereka adalah bos Facebook, Amazon, hingga Apple.

Ketika AS mencatatkan 150.000 kematian akibat pandemi COVID-19, jutaan orang AS menghadapi penggusuran dari rumah mereka, dan penurunan tunjangan pengangguran, kongres pada Rabu kemarin mengalihkan perhatiannya ke topik yang sangat berbeda, mengenai perusahaan teknologi raksasa yang dianggap terlalu kuat.

Mengutip CNBC, Kamis (30/7/2020), selama lebih dari enam jam anggota sub-komite Antitrust mencecar para CEO perusahaan teknologi Paman Sam.

Pada kesempatan tersebut, CEO Alphabet Sundar Pichai menghadapi pertanyaan terus-menerus tentang bisnis pencarian, termasuk apakah pihaknya mencuri konten dari situs web lain, sebagaimana tuduhan yang dilontarkan oleh pebisnis lokal situs Yelp.

Dirinya juga didesak untuk keluar dari proyek cloud computing Departemen Pertahanan senilai US$ 10 miliar karena dituding pada saat yang bersamaan mengejar peluang lain di China.

Pichai menjawab dengan menjelaskan bagaimana dia bermitra dengan agensi AS dan bersikeras tidak melayani pelanggan di China pada saat ini dengan pengecualian sejumlah kecil proyek.

Sementara CEO Facebook Mark Zuckerberg menghadapi rentetan pertanyaan tentang akuisisi perusahaan terhadap Instagram dan WhatsApp, yang oleh beberapa anggota kongres dikatakan anti-kompetitif dan harus ditinjau kembali, atau dipaksa keluar.

Anggota kongres mengutip dokumen yang menunjukkan bahwa pendiri Instagram Kevin Systrom takut Facebook akan masuk ke 'mode penghancuran' dan membangun tiruan dari Instagram jika perusahaan baru tersebut tidak menyetujui akuisisi.

Facebook dituduh membeli Instagram karena melihatnya sebagai ancaman kuat yang dapat menyedot bisnis dari Facebook dan itu persis jenis akuisisi anti-persaingan.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2