Bikin Jokowi Kesal Lagi, Penyerapan Stimulus COVID-19 Baru 20%

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 03 Agu 2020 10:38 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Untuk yang kesekian kalinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan kekesalannya terkait penyerapan anggaran stimulus penanganan wabah COVID-19 yang masih minim. Menurutnya masih banyak kementerian dan lembaga yang bekerja santai dan tak terbawa suasana krisis.

Hal itu disampaikannya saat membuka rapat terbatas pagi ini tentang Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual, Senin (3/8/2020).

"Saya melihat memang urusan realisasi anggaran ini memang masih sangat minim sekali. Sekali lagi dari Rp 695 triliun stimulus untuk penanganan COVID-19, baru 20% yang terealisasi, Rp 141 triliun yang terealisasi, baru 20% sekali lagi. Masih kecil sekali, kecil sekali," ucapnya.

Jokowi pun menjabarkan, dari anggaran stimulus COVID-19 itu paling besar penyerapannya untuk perlindungan sosial sekitar 39%. Kemudian program bantuan UMKM 25%.

Namun menariknya lagi masih ada program dalam paket stimulus itu yang belum ada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Pantas saja penyerapan anggaran masih minim.

"Hati-hati ini, yang belum ada DIPA-nya saja masih gede banget. Mungkin 40%-an belum ada DIPA. DIPA saja belum ada gimana mau realisasi," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "APBN 2021, Jokowi Fokus Percepatan Pemulihan Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]