Serapan Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Baru 22%

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 10 Agu 2020 15:20 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Progres penyerapan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mencapai 21,9%. Meski ada peningkatan, di beberapa sektor masih belum menunjukkan perkembangan yang berarti.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, hingga minggu pertama Agustus 2020 realisasi program PEN baru mencapai Rp 151,25 triliun atau setara 21,9% dari pagu anggaran PEN Rp 695,2 triliun.

Angka serapan itu terdiri dari perlindungan sosial yang masih paling besar yakni Rp 95,5 triliun. Kemudian dukungan UMKM Rp 32,5 triliun, kesehatan baru Rp 7,1 triliun, sektor K/L dan pemda Rp 8,6 triliun, serta insentif dunia usaha Rp 16,6 triliun.

"Pembiayaan koperasi masih belum ada kemajuan," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (10/8/2020).

Sri Mulyani menegaskan, pemerintah akan terus memantau seluruh program yang ada di dalam PEN. Jika ada yang mengalami hambatan akan segera diubah desainnya.

"Pemerintah juga mendesain kalau dianggap adanya program sejak awal di desain tidak ada peningkatan pelaksanaan kita lakukan perubahan desain agar dampak bisa betul maksimal di dalam pemulihan ekonomi kita dan kita terus mempercepat proses birokrasinya," tutupnya.



Simak Video "Pemerintah Realisasikan 36,6% Anggaran Program Pemulihan Ekonomi "
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)