Mumtaz Rais Vs Pimpinan KPK, Bagaimana Aturan Pakai HP di Pesawat?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 14 Agu 2020 14:21 WIB
Xiamen, China - March 1, 2016: Lots Of Xiamen Airlines Passengers Preparing By Picking Up Their Bags For Dismemberment After Arrival Of Airplane At Loading,Unloading Gate Of Xiamen Gaoqi International Airport China Asia
Ilustrasi/Foto: (iStock)
Jakarta -

Ahmad Mumtaz Rais, Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN, terlibat ribut dengan pimpinan KPK Nawawi Pomolango di dalam pesawat Garuda Indonesia.

Menurut keterangan yang diterima dari Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra, keributan antara Mumtaz Rais dan Nawawi Pomolango terjadi di pesawat GA 643 rute Gorontalo-Makassar-Jakarta pada Rabu (12/8/2020). Laporan mengenai keributan Mumtaz Rais dan Nawawi Pomolango tertuang dalam sebuah laporan kegiatan.

Laporan itu menyebutkan Mumtaz Rais asyik menelepon pada saat proses boarding di Gorontalo saat proses refuelling. Mumtaz Rais disebut-sebut makin keras bersuara selama menelepon dalam proses boarding itu, kemudian diingatkan sampai tiga kali oleh kru pesawat, lalu marah. Nawawi Pomolango, yang juga duduk di kelas bisnis, kemudian menegur Mumtaz Rais dan terjadilah keributan itu. Sesampai di Soekarno-Hatta, Nawawi disebut mengadukan insiden itu ke kepolisian.

Lantas, bagaimana sebenarnya aturan larangan penggunaan ponsel di dalam pesawat?

Larangan penggunaan ponsel dalam pesawat udara merupakan peraturan yang telah berlaku secara internasional. Larangan itu juga tertuang dalam Undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan, tepatnya di pasal 54 butir f.

"Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan dilarang melakukan: pengoperasian peralatan elektronika yang mengganggu navigasi penerbangan," bunyi beleid tersebut seperti yang dikutip detikcom, Jumat (14/8/2020).

Larangan itu kemudian diteruskan dalam instruksi Direktur Keselamatan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara melalui suratnya No. AU/4357/DKP.0975/2003 tentang larangan penggunaan hand-phone di dalam pesawat udara. Instruksi tersebut merupakan studi larangan yang sudah diterbitkan oleh Federal Aviation Administration/FAA (Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat) sejak tahun 1991.

Pada 6 Juni 2013 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga mengeluarkan peringatan kembali atas larangan penggunaan ponsel di dalam pesawat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pengakuan Mumtaz Rais Soal Ribut-ribut dengan Pimpinan KPK di Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]