Perjalanan Kereta Ditambah saat Long Weekend, Ini Daftarnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 15:34 WIB
KA Ranggajati
Foto: KAI (Rinto Heksantoro/detikcom)
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah jadwal perjalanan kereta untuk periode libur panjang long weekend tanggal 19 hingga 23 Agustus. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang.

"KAI menambah perjalanan kereta api dalam rangka menyambut libur Tahun Baru Islam dan cuti bersama akhir pekan ini," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Rabu (19/8/2020).

Pada libur panjang tanggal 19-23 Agustus 2020, KAI rata-rata akan mengoperasikan 260 kereta per hari. Jumlahnya naik 21% dari periode yang sama pada pekan sebelumnya yang rata-rata mengoperasikan 215 kereta per hari.

Sementara itu, khusus perjalanan kereta jarak jauh, jumlahnya mencapai rata-rata 88 kereta per hari. Jumlahnya naik 49% dari periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu rata-rata 59 mereta per hari.

"Dengan adanya hari libur yang berdekatan ini, minat masyarakat untuk naik kereta api terus tumbuh dari hari ke hari," ujar Joni.

Adapun kereta yang ditambahkan pada akhir pekan ini di antaranya KA Gajayana (Gambir - Malang pp), Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp), Jaka Tingkir (Pasar Senen - Purwosari pp), Dharmawangsa (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp), Harina (Bandung - Surabaya Pasarturi pp), Pasundan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp) dan berbagai KA dengan tujuan kota-kota lainnya.

Cek jadwal selengkapnya dan pesan tiket mulai H-7 di aplikasi KAI Access, web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi tiket KAI lainnya. Pemesanan pada loket di stasiun hanya dilayani 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Terlihat pada periode libur HUT RI pekan lalu, volume pelanggan pada keberangkatan 14-17 Agustus 2020 mencapai 266.424 pelanggan. Jumlah tersebut naik 29% dibanding periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu sebanyak 207.297 pelanggan

Sementara itu, untuk kenaikan pada KA Jarak Jauh sebesar 45% dari 59.436 pelanggan menjadi 85.983 pelanggan. Sedangkan untuk KA Lokal naik 22% dari 147.861 pelanggan menjadi 180.441 pelanggan.

"KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan rutin menyosialisasikan Gerakan 3M yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak kepada pelanggan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan pelanggan pada perjalanan kereta api," tutup Joni.



Simak Video "Adaptif dan Kolaboratif, Kunci KAI Jadi Solusi Bagi Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)