TNI Terjun ke Lumbung Pangan, Siapkan Lahan buat Ditanami Singkong

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 01 Sep 2020 23:00 WIB
SYL hingga Prabowo Dampingi Jokowi Cek Pengembangan Lumbung Pangan
Foto: Dok. Humas Pemprov Kalteng
Jakarta -

Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang dipimpin Prabowo Subianto bakal menjadi salah satu koordinator untuk pembangunan proyek lumbung pangan nasional alias food estate. Kementeriannya akan menjadi leading sector food estate yang menanam singkong.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan salah satu tugas Kemhan adalah melakukan pembersihan lahan pada proyek food estate. Basuki menjelaskan kementerian yang dipimpin Prabowo ini akan menurunkan TNI dalam menjalankan tugas tersebut, tepatnya, Satuan Zeni TNI AD.

"Segera Kemenhan akan gerakkan satuan Zeni di dalam rangka land clearing, land graphing, untuk siapkan lahan tanaman singkong," kata Basuki di kantornya, Selasa (1/9/2020).

Satuan Zeni sendiri adalah bagian insinyur dari pasukan militer yang bertugas pokok menyelenggarakan rekayasa teknik dan militer. Salah satu tugasnya adalah konstruksi sarana dan prasarana militer.

Basuki menjelaskan Kemhan dan Kementerian Pertanian (Kementan) akan berbagi peran sebagai leading sector. Kemhan menjadi leading sector pada food estate penanaman singkong, sedangkan Kementan untuk food estate penanaman padi.

"Jadi ada dua food estate, untuk tanaman padi leading sectornya Kementerian Pertanian. Lalu yang tanaman singkong leading sectornya di Kementerian Pertahanan," urai Basuki.

Kemhan juga akan bertanggung jawab untuk menyiapkan sumber daya manusia untuk food estate singkong. "SDM untuk food estate di taman singkong menjadi tanggung jawab Kemenhan untuk training," kata Basuki.

Food estate bagian penanaman singkong sendiri direncanakan akan dibuat seluas 60 hektar. Tahun ini akan digarap fasilitasnya seluas 30 hektar, untuk kemudian secara bertahap diselesaikan pembangunannya pada 2021.

Sebagai informasi, dari 165 ribu hektar food estate padi, pemerintah akan menggarap pembangunan fasilitasnya untuk 32 ribu hektar di tahun ini. Sementara itu, untuk food estate singkong, dari rencana 60 ribu hektar akan digarap 30 ribu hektar terlebih dahulu.

Kemudian, pembangunannya akan dilanjutkan bertahap dengan target selesai seluruhnya pada tahun 2021. Dengan begitu, produksi pangan pada food estate bisa dimulai di tahun 2021.

Lokasinya sendiri, untuk food estate padi berada di Palinggau, Pulang Pisau, Belanti, Pangkoh, dan Dadahup. Lalu untuk yang singkong ada di Gunung Mas, Pulang Pisau, dan Kapuas.



Simak Video "Jokowi Minta Akses Menuju Lumbung Pangan Segera Dikerjakan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)