Mundur, Bantuan Rp 600 Ribu/Bulan Gelombang 3 Cair Senin Depan

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 11 Sep 2020 21:35 WIB
Bantuan Rp 600 ribu
Foto: Andhika Akbaryansyah
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengumumkan bantuan Rp 600 ribu/bulan untuk 3,5 juta peserta batch atau gelombang 3 ditransfer Senin (14/9/2020). Pencairan ini mundur dari rencana semula yaitu Jumat, (11/9/2020).

Data rekening 3,5 juta peserta itu diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) pada Selasa lalu, 8 September.

"Kami akan menggunakan 4 hari itu, dihitung-hitung kira-kira akan bisa dilakukan Senin ya (ditransfer), karena 4 hari kerja kami punya waktu untuk melakukan check list terhadap data pekerja yang diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan," kata Ida saat berkunjung ke Bali, Jumat (11/9/2020), dikutip dari keterangan Humas Kementerian Ketenagakerjaan.

Ida Fauziyah melanjutkan, bantuan subsidi gaji batch 1 sudah ditransfer kepada 2,5 juta peserta, batch 2 sebanyak 3 juta peserta.

Dia menjelaskan bahwa bantuan batch 3 jumlahnya lebih banyak sehingga pihaknya membutuhkan waktu untuk memastikan kesesuaian data.

"Batch ke 3 ini BPJS (Ketenagakerjaan) menyerahkan kepada kami 3,5 juta (data nomor rekening). Dan waktu yang diberikan 4 hari. Kami akan menggunakan waktu 4 hari, karena jumlahnya lebih banyak, kami butuh memastikan kesesuaian datanya," tambah Ida.

Menakar dalam kesempatan sebelumnya menargetkan bantuan ditransfer paling lambat pada Jumat ini.

"Ya kalau di juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknisnya (petunjuk teknis) kami ada waktu 4 hari untuk melakukan checklist. Jadi kalau dihitung 4 hari (sejak) kemarin berarti Jumat ya (ditransfer)," kata dia di kantornya, Rabu (9/9/2020).



Simak Video "Ini Syarat Dapat Rp 600 Ribu dari Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)