Trump Mau Kasih Bantuan Rp 192 T ke Petani, Buat Apa?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 18 Sep 2020 10:19 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggelar jumpa pers terkait virus Corona. Namun jumpa pers itu sempat dihentikan sementara karena ada penembakan di luar gedung putih.
Presiden AS Donald Trump/Foto: AP Photo/Andrew Harnik
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan mengumumkan bantuan atau stimulus untuk petani demi menekan dampak pandemi COVID-19.

Dalam kampanye yang dilakukan di Winconsin, seorang sumber Reuters pada Kamis (17/9/2020) menyebut jika Trump akan menyalurkan sekitar US$ 13 miliar atau setara dengan Rp 192,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.800).

Trump diperkirakan menyampaikan hal ini di Mosinee, sebuah wilayah Winconsin. Daerah ini mendapat julukan America's Dairyland karena industri susu dan keju yang melimpah.

Kasus baru COVID-19 di Winconsin mencapai 2.034 dan merupakan rekor tertinggi dalam satu hari. Sementara itu jumlah kasus baru secara keseluruhan di AS tercatat mengalami penurunan hingga 15% dibandingkan minggu sebelumnya.

Sebelumnya pada April Trump sudah mengumumkan program bantuan senilai US$ 19 miliar untuk membantu petani mengatasi dampak COVID-19, termasuk US$ 16 miliar dengan bantuan langsung ke produsen dan pemasok daging, susu, sayuran dan produk lain.

Sumber pendanaan untuk petani ini masih belum jelas, selain itu target penerima bantuan juga belum ditentukan.

(kil/ara)