Teka-teki Wamen BUMN ke-3 yang Disinggung Andre Rosiade

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 18:30 WIB
Erick Thohir dan Andre Rosiade/Dok Istimewa
Foto: Erick Thohir dan Andre Rosiade/Dok Istimewa
Jakarta -

Komisi VI DPR RI kemarin menggelar rapat kerja (Raker) dengan Menteri BUMN Erick Thohir untuk membahas anggaran tahun 2021. Dalam rapat itu, ada sesi bagi para anggota Komisi VI untuk menyampaikan kritik dan saran kepada kementerian.

Di sesi itu, Anggota Komisi VI DPR RI dari fraksi Gerindra Andre Rosiade menyinggung ada yang sosok bersikap seperti seorang Wakil Menteri (Wamen) BUMN ke-3. Kepada Erick, ia meminta sosok tersebut dinasihati. Pasalnya, ia menilai sosok tersebut hanya membuat gaduh di BUMN.

"Di Republik Indonesia ini semua punya saham, nggak hanya satu orang yang punya saham. Nggak ada yang kuat di Republik Indonesia ini. Kalau salah, bikin gaduh, sikat Pak Menteri!" tegas Andre kepada Erick di dalam rapat kerja Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Setelah rapat, Andre menjelaskan sebetulnya panggilan Wamen BUMN ke-3 itu hanyalah candaan yang kerap kali dilontarkan oleh Komisi VI DPR RI kepada Juru Bicara Kementerian BUMN.

"Pertama Wamen 3 itu bercandaan teman-teman komisi VI selama ini kepada Jubir Kementerian BUMN. Jadi jangan ada serius," kata Andre kepada detikcom.

Namun, dari penilaiannya, ia melihat benar-benar ada sosok yang berlagak seperti Wamen BUMN ke-3. Sosok itu tak lain adalah Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

"Sebenarnya pernyataan Wamen 3 di Kementerian BUMN itu nggak ada, itu bercandaan di Komisi VI. Kedua, kalau orang yang berperilaku seperti Wamen 3 BUMN itu ada, ya itu Pak Basuki Tjahaja Purnama. Komisaris Pertamina tapi mencampuri BUMN-BUMN yang lain," ungkap Andre.

Selanjutnya
Halaman
1 2