3 Info Terkini Orang Dekat Luhut yang Jadi Ketua LPS

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 17:30 WIB
Jokowi Resmi Angkat Purbaya, Orang Dekat Luhut yang Jadi Ketua DK LPS
Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden: Jokowi lantik Purbaya, orang dekat Luhut, jadi Ketua LPS
Jakarta -

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) punya pemimpin baru. Dia adalah Purbaya Yudhi Sadewa, orang dekat Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Siang tadi Purbaya resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Anggota Dewan Komisioner LPS yang juga merangkap sebagai Ketua Dewan Komisioner LPS. Selain itu ada 3 orang lainnya yang juga dilantik menjadi Anggota Dewan Komisioner LPS.

1. Resmi dilantik

Adapun pelantikan empat anggota dewan komisioner ini didasari Keputusan Presiden (Keppres) nomor 58/M tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan.

Seusai pembacaan Keppres, para anggota dewan komisioner LPS melangsungkan pengucapan sumpah. Pelaksanaan sumpah jabatan itu juga didampingi rohaniwan.

2. Sosok Purbaya

Sebelum diangkat sebagai Ketua DK LPS yang baru, Purbaya menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Kooordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Purbaya merupakan orang dekat Menteri Kooordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan karena kerap kali bekerja bareng di bawah instansi yang sama.

Sebelum itu, Purbaya sempat juga menjabat sebagai Kepala Danareksa Research Institute, Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Direktur PT Danareksa (Persero) dan Deputi III Bidang Pengelolaan Pengelolaan Isu Strategis Kantor Staff Presiden.

Saat ini, Purbaya masih menjabat sebagai Komisaris di salah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni di induk holding pertambangan, yaitu PT Inalum (Persero) atau Mining Industry Indonesia (MIND ID).

Sebelum berkarir, pria kelahiran 7 Juli 1966 silam itu merupakan sebagai lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro. Kemudian, melanjutkan pendidikannya dan meraih gelar doktor dalam bidang ekonomi dari Purdue University, Amerika Serikat.

3. Formasi baru petinggi LPS

Berikut ini nama anggota dewan komisioner LPS yang dilantik Jokowi:

- Purbaya Yudhi Sadewa sebagai Anggota Dewan Komisioner merangkap Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan

- Didik Madiyono sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan

- Luky Alfirman sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan

- Destry Damayanti sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan

Keempatnya memiliki masa jabatan selama 5 tahun sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Keputusan presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan yakni yang ditetapkan di Jakarta per3 September 2020 lalu oleh Presiden Jokowi.



Simak Video "Tinjau Penanganan Covid-19 PMI, Luhut Bahas Vaksinasi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(das/hns)