Daftar Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, RI Masuk?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 25 Sep 2020 11:46 WIB
Tambang emas Freeport di Papua jadi salah satu yang terbesar di dunia. Ini daftar 10 tambang emas terbesar di dunia.
Ilustrasi/Foto: Miningglobal.com/Istimewa
Jakarta -

Harga emas sempat mencatatkan rekor tertinggi pada bulan lalu. Walaupun kini harganya sudah mulai berangsur turun akibat sentimen positif terkait vaksin COVID-19 di dunia.

Cadangan emas ini disebut akan mengalami penurunan di masa depan, jumlah hasil tambang diproyeksi akan menurun walaupun tidak signifikan.

Sebenarnya wilayah mana yang menjadi sumber emas terbesar ya?

Mengutip BBC, disebutkan sumber emas terbesar dalam sejarah adalah Witwatersrand Basin di Afrika Selatan. Wilayah ini menyumbang sekitar 30% emas yang sudah ditambang di dunia.

Kemudian sumber emas lainnya adalah tambang Mponeng yang berada di Afrika Selatan, tambang Super Pit dan Newmont Boddington di Australia.

Selanjutnya tambang Grasberg di Indonesia dan tambang di Nevada, Amerika Serikat (AS).


Kemudian untuk penambang emas terbesar di dunia adalah China diikuti Kanada, Rusia dan Peru.

Nevada Gold Mines yang dimiliki Barrick Gold adalah kompleks penambangan emas tunggal terbesar di dunia, tak tanggung-tanggung produksinya mencapai US$ 3,5 juta ons per tahun.

Para ahli menyebut cadangan emas ini akan semakin langka. Akibatnya sebagian produksi emas saat ini masih mengandalkan emas dari tambang tua yang sudah digunakan bertahun-tahun.

Juru Bicara Dewan Emas Dunia Hannah Brandstaetter mengungkapkan dibutuhkan waktu untuk mengubah skala operasi di tambang. Dia menyebut walaupun harga emas sempat mencapai rekor tertinggi pada Agustus ini tak otomatis aktivitas penambangan meningkat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lagi! Harga Emas Antam Turun Rp 2.000"
[Gambas:Video 20detik]