BUMN Survei RI Bidik Potensi Bisnis dengan Perusahaan Raksasa Dunia

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Sabtu, 24 Okt 2020 07:30 WIB
Surveyor Indonesia
Foto: Dok. Surveyor Indonesia
Jakarta -

Pertemuan tahunan Indonesian Business Mission yang dihelat oleh US-ASEAN Business Council, Inc (US-ABC) tahun ini digelar secara virtual. Pada acara tersebut PT Surveyor Indonesia (Persero) mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan perannya sebagai BUMN jasa survei.

Kesempatan ini mempertemukan perusahaan-perusahaan multinasional anggota US-ABC dengan Surveyor Indonesia dalam diskusi terkait potensi kerja sama strategis untuk mendukung penguatan ekonomi nasional.

Hadir dalam pertemuan ini beberapa perusahaan bertaraf global seperti Freeport-McMoRan, 3M, Apple, FedEX, Jhpiego, MSD, Qualcomm, Oracle, UL International, dan Citi. Pertemuan dipimpin oleh Chairman, President, and CEO, Alexander C. Feldman, dipandu oleh Duta Besar Michael W. Michalak selaku Senior Vice President & Regional Managing Director US-ABC, dan turut dihadiri Duta Besar Joseph R. Donovan, Jr.

Direktur Utama Surveyor Indonesia Dian M. Noer menyampaikan pandangannya terkait isu makro strategis dunia industri nasional, di antaranya terkait peran dan dukungan Surveyor Indonesia terhadap pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui program Safeguard Label SIBV, Omnibus Law, transformasi digital, pengembangan program TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dan dukungan pada pengembangan industri halal nasional.

"Untuk mendukung sustainability bisnis, Surveyor Indonesia sebagai BUMN akan terus mengeksplorasi untuk menangkap peluang kerja sama strategis dan berkolaborasi dalam pengembangan model bisnis baru di waktu mendatang. Di mana peran kami adalah sebagai mitra strategis untuk memperkuat dunia industri nasional dan multinasional dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang sedang di jalankan oleh pemerintah, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini," ujar Dian dalam keterangannya, Sabtu (24/10/2020).

Surveyor Indonesia sebagai BUMN yang bergerak di bidang jasa pemastian memiliki pengalaman dalam menjalin kemitraan global, sehingga sangat tepat jika US-ABC menggelar pertemuan ini untuk menggali potensi kolaborasi di berbagai sektor industri dalam negeri.

Beberapa pengalaman Surveyor Indonesia dalam membina afiliasi multinasional antara lain bekerja sama dengan Bureau Veritas Indonesia (BV) mendukung program pemulihan ekonomi nasional untuk mempersiapkan pembukaan kembali industri bisnis Tanah Air di tengah pandemi COVID-19 melalui layanan jasa pemastian SafeGuard Label SIBV, bersama grup SYSTRA dalam mewujudkan konsep transportasi perkotaan & transit-oriented development melalui jaringan KRL Jabodebek, dan Intertek terkait pengujian dan inspeksi produk-produk halal.

(ara/ara)